Berita

Nov12

Rapat Bulanan Pengadilan Negeri Bogor Bulan November 2018

Kategori // Berita

(Bogor-admin) Pada Hari Senin, 12 Oktober 2018, Pengadilan Negeri Bogor melaksanakan Rapat Bulanan yang dihadiri oleh seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Bogor. Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor, R. Hendral, SH., MH. yang dimulai pada pukul 9:00 WIB sampai dengan pukul 11 :00 WIB.

Pada rapat tersebut membahas permasalahan yang ada di Pengadilan Negeri Bogor, serta permasalahan pada Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) dan juga evaluasi kerja Pengadilan Negeri Bogor.

 

 

Okt31

Pengadilan Negeri Bogor turut berduka atas musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT610

Kategori // Berita

(Bogor-admin) Pengadilan Negeri Bogor menyampaikan turut berduka cita dan bela sungkawa sedalam-dalamnya kepada para korban kecelakaan pesawat Lion Air JT610 rute Jakarta (CGK) - Pangkal Pinang (PGK) yang jatuh pada hari Senin, 29 Oktober 2018 di sebelah utara Karawang. Korban dalam pesawat tersebut berjumlah 189 orang.

Didalam pesawat tersebut terdapat 4 (empat) orang Hakim, yaitu :

1. Rijal Mahdi (Hakim Tinggi PTA Babel)

2. Hasnawati (Hakim Tinggi PT Babel)

3. Yuningtias Upiek Kartikawati (Hakim Tinggi PT Babel)

4. Ikhsan Riyadi (Hakim PN Koba Babel).

Sebagai bentuk penghormatan duka cita kepada seluruh korban dalam pesawat tersebut, mulai hari Rabu tanggal 31 Oktober 2018, seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Bogor akan memakai pita hitam selama 7 hari kedepan.

(credit ©Daniel Dominguez @JetPhotos)

Pesawat Lion Air berjenis Boeing 737 MAX8 dengan registrasi PK-LQP tersebut baru dioperasikan Lion Air pada tanggal 15 Agustus 2018 dan merupakan pesawat keluaran terbaru dari pabrikan pesawat asal Amerika Serikat, Boeing. sampai berita ini dibuat, pihak Basarnas dan instansi terkait masih melakukan pencarian tubuh korban di laut dan juga Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih mencari Flight Data Recorder (FDR) bekerjasama dengan pihak Boeing untuk mengetahui penyebab kecelakaan pesawat tersebut.

(credit photos ©M.Gabriel Miolo @Aviation Safety Network)

Okt29

Pengadilan Negeri Bogor mengadakan acara Sosialisasi e-Court

Kategori // Berita

(Bogor-admin) Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B mengadakan acara Sosialisasi e-Court Mahkamah Agung RI yang diadakan di Hotel Royal Padjajaran Bogor pada tanggal 26 Oktober 2018. acara tersebut dibuka oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B, H. Ridwan, SH., MH. yang sekaligus menjadi pembicara pada acara tersebut. Hadir juga pembicara lainnya, yaitu dari Bank BTN cabang Bogor yang menjadi rekening tempat virtual account e-court Pengadilan Negeri Bogor dalam hal ini dibawakan oleh bapak Slamet Riyadi selaku Kepala cabang Bank BTN kota Bogor. dan juga ketua PERADI kota Bogor, Rusmin Wijaya, SH.

Acara tersebut dihadiri oleh 100 peserta yang semuanya merupakan advokat kota Bogor. dalam acara tersebut dilakukan simulasi mendaftar di sistem e-court Mahkamah Agung RI dan juga dilakukan sesi tanya jawab. para peserta terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi ini dengan banyaknya pertanyaan yang timbul dari para peserta.

Aplikasi e-court Mahkamah Agung RI merupakan aplikasi terbaru Mahkamah Agung RI yang didalamnya terdiri dari tiga komponen utama yaitu :

e-Filling

Pendaftaran perkara online dilakukan setelah terdaftar sebagai pengguna terdaftar dengan memilih Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, atau Pengadilan TUN yang sudah aktif melakukan pelayanan e-Court. Semua berkas pendaftaran dikirim secara elektronik melalui aplikasi e-Court Makamah Agung RI.

e-Payment

Untuk kelancaran dalam mendukung program e-Court Mahkamah Agung RI bekerja sama dengan Bank Pemerintah dalam hal manajemen Pembayaran Biaya Panjar Perkara . Dalam Hal ini Bank yang telah ditunjuk menyediakan Virtual Account (Nomor Pembayaran) sebagai sarana pembayaran kepada Pengadilan tempat mendaftar perkara. hingga saat ini ada 7 Bank pemerintah yang mendukung pembayaran sistem e-court MA, yaitu :

Bank BRI

Bank BNI46

Bank Mandiri

Bank BTN

Bank BRI Syariah

Bank BNI Syariah

bank Mandiri Syariah

e-Summons

Yaitu panggilan kepada para pihak yang dilakukan secara elektronik. panggilan akan dilakukan melalui e-mail ke alamat e-mail masing-masing para pihak yang berperkara.

 

Okt03

Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2018

Kategori // Berita

Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2018

Seluruh jajaran Hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Bogor melaksanakan upacara hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Oktober 2018 di halaman kantor Pengadilan Negeri Bogor. upacara dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor, R. Hendral, SH., MH. dan berlangsung secara lancar.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati oleh semua instansi dan lembaga pemerintahan setiap tanggal 1 Oktober tiap tahunnya.

 

 

Agu29

Rapat Pembinaan Ketua Pengadilan Negeri Bogor

Kategori // Berita

Rapat Pembinaan Ketua Pengadilan Negeri Bogor

Bogor, 29 Agustus 2018

 

Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B, Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H. mengadakan rapat pembinaan kepada seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Bogor atas kejadian yang menimpa salah satu oknum Pengadilan Negeri Medan pada hari Selasa, 28 Agustus 2018.

Ketua Pengadilan Negeri Bogor memiliki kewajiban untuk terus menyampaikan dan mengingatkan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 7, Nomor 8 dan Nomor 9 Tahun 2016 dan Maklumat Ketua Mahkamah Agung Nomor 1/Maklumat/KMA/IX/2017. Hal yang sama juga disampaikan bahwa beliau tidak akan pernah bosan untuk terus mengingatkan dan saling mengawasi agar Pengadilan Negeri Bogor terus berubah kearah yang lebih baik, dikarenakan Ketua Pengadilan selaku pimpinan menjalankan tanggung jawab untuk melakukan pembinaan kepada seluruh pegawai Pengadilan Negeri Bogor.

Ketua Pengadilan Negeri Bogor juga tidak pernah bosan untuk terus mengajak seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Bogor untuk meninggalkan perilaku menyimpang yang terkait dengan pemberian gratifikasi dalam hal pengurusan perkara.

Beliau menghimbau dan memohon kepada seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Bogor apabila masih ada oknum yang melakukan perbuatan menyimpang dengan menerima gratifikasi terkait dengan pengurusan perkara agar menghentikan kegiatan tersebut sebelum terjadi kejadian yang akan mencoreng kembali dunia peradilan.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Pengadilan Negeri Bogor berpesan bahwa Pengadilan Negeri Bogor telah membangun layanan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sebagai upaya membangun pelayanan pengadilan yang bersih, cepat dan bebas pungli.

Saat ini, Pengadilan Negeri Bogor juga telah menerapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau disebut dengan PTSP sebagai upaya meminimalisir pungli ataupun suap, sehingga semua pelayanan pengadilan bisa diselesaikan di meja depan baik pelayanan pidana, perdata, hukum dan juga bagian umum. (Admin/foto internal PN BGR)

Jul31

Audit Eksternal Surveillance Ke-2 Akreditasi Penjaminan Mutu pada Pengadilan Negeri Bogor

Kategori // Berita

Bogor, 30 - 31 Juli 2018 Tim Auditor Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Jawa Barat telah melaksanakan Audit Eksternal Surveillance pertama terhadap Kinerja pada Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B. Audit tersebut dilaksanakan dalam rangka pengawasan (surveillance)  penilaian kinerja Penjaminan Mutu Pengadilan Negeri Bogor.

Mei09

Sosialisasi PERMA No. 3 Tahun 2018 Pada Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B

Kategori // Berita

Bogor 9 Mei 2018 bertempat di Ruang Sidang Cakra telah dilaksanakan Sosialisasi PERMA No.3 Tahun 2018. Sosialisasi dibuka oleh Ketua PN Bogor Kelas I B. dengan menyampaikan bahwa pada hari Selasa tanggal 08 Mei 2018 KPN, Panitera dan Panitera Muda Perdata mengikuti sosialisasi di Pengadilan Tinggi Jawa Barat terkait PERMA Nomor 3 Tahun 2018 tentang persidangan elektronik

Mengenai pelaksanaan PERMA ini masih dibutuhkan banyak revisi Karena memang baru akan diujicobakan di PN Jakarta Pusat dan PN Surabaya pada akhir bulan Mei 2018.

Dan untuk e-court yang sedang dikembangkan oleh Pengadilan Negeri Bogor merupakan hal yang berbeda dari yang dimaksud oleh PERMA tersebut. E-court yang dikembangkan oleh Pengadilan Negeri Bogor adalah proses persidangannya sementara PERMA tersebut lebih kepada administrasinya terutama perkara perdata

Apr24

Kunjungan Kerja Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat Ke Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B

Kategori // Berita

Kota Bogor, Selasa 24 April 2018 Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B mendapatkan kunjungan dari Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat H. Arwan Byrin, S.H., M.H. beserta rombongan dalam rangka memantau dan memeriksa kesiapan Pengadilan Negeri Bogor dalam menghadapi kegiatan Peresmian dan Peluncuran Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang akan dilaksanakan serentak pada seluruh satuan kerja di wilayah Pengadilan Tinggi Jawa Barat.

Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat disambut oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B Hj. Tenri Muslinda beserta Wakil Ketua dan para Hakim pada Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B di ruangan tunggu PTSP, kemudian mewawancarai para petugas PTSP dan Petugas Meja Informasi dan Pengaduan, setelah memeriksa kesiapan personil kemudian Bapak KPT melakukan uji coba teleconference dengan beberapa satker antara lain dengan Pengadilan Negeri Cibadak dan Pengadilan Negeri Cibinong.

 

 

Nov12

Upacara Hari Pahlawan Pengadilan Negeri Bogor

Kategori // Berita

Upacara Hari Pahlawan Pengadilan Negeri Bogor

(Bogor-admin) Pada hari Senin, 12 Oktober 2018, Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B melaksanakan upacara Hari Pahlawan yang dilaksanakan di halaman kantor Pengadilan Negeri Bogor. Upacara tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor, R. Hendral, SH., MH. dan diikuti oleh seluruh Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional serta pegawai dan calon hakim.

Upacara tersebut dilaksanakan untuk memberikan penghormatan jasa kepada Pahlawan-pahlawan Indonesia yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Okt31

Upacara Sumpah Pemuda di Pengadilan Negeri Bogor

Kategori // Berita

(Bogor-admin) Pada hari Senin, tanggal 29 Oktober 2018, seluruh unsur Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B melaksanakan upacara Sumpah Pemuda. upacara dilaksanakan di halaman kantor Pengadilan Negeri Bogor dan dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor, R. Hendral, SH., MH.

 

Upacara yang bertema "BANGUN PEMUDA SATUKAN INDONESIA" tersebut berlangsung lancar dan wujud nyata seluruh unsur Pengadilan Negeri Bogor dalam menghormati jasa-jasa pemuda terdahulu dalam mewujudkan pembangunan Indonesia.

Okt22

Pengadilan Negeri Bogor menyiarkan peresmian 85 Pengadilan baru di Melonguane

Kategori // Berita

Pengadilan Negeri Bogor menyiarkan peresmian 85 Pengadilan baru di Melonguane

(Bogor-admin) Seluruh Hakim, Pejabat Struktural dan pegawai Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B mengadakan Nonton Bareng acara Peresmian 85 Pengadilan Baru yang diadakan di Melonguane, Kabupaten Talaud, provinsi Sulawesi Utara.

Acara peresmian yang dibuka oleh Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, SH., MH. itu disiarkan di ruang sidang utama kantor Pengadilan Negeri Bogor dan layar meja informasi. pengunjung Pengadilan Negeri Bogor juga dapat menyaksikan siaran tersebut.

Dengan diresmikannya acara tersebut oleh Ketua MA, maka 85 pengadilan baru yang dibentuk di seluruh provinsi tersebut dapat memulai operasional kantor setelah ketua pengadilan yang bersangkutan dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi di masing-masing provinsi. Status kantor pengadilan yang baru tersebut sebagian masih memakai status pinjam pakai pemda setempat, ada juga yang sudah mendapat hibah atas nama Mahkamah Agung RI.

 

 

 

Okt03

Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B

Kategori // Berita

Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B

Pada tanggal 26 September 2018, Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat, H. Arwan Byrin, SH., MH. melaksanakan Sidang Luar Biasa dengan acara pelantikan, pengambilan sumpah dan Serah Terima Jabatan Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B yang baru yaitu Ridwan, SH., MH. menggantikan Hj. Tenri Muslinda, SH., MH.

acara diadakan di kantor Pengadilan Negeri Bogor dan dihadiri oleh Muspida Kota Bogor, Hakim Agung Mahkamah Agung RI, para undangan dan seluruh Hakim dan pegawai negeri Pengadilan Negeri Bogor. 

 

 

Agu17

UPACARA PERINGATAN HUT KE-73 KEMERDEKAAN RI PADA PENGADILAN NEGERI BOGOR KELAS I B

Kategori // Berita

Bogor, Jumat 17 Agustus 2018 bertempat di lapangan upacara Kantor Pengadilan Negeri Bogor telah dilaksanakan Upacara Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia. Upacara dimulai pukul 07.30 WIB, bertindak sebagai Inspektur Upacara Ketua Pengadilan Negeri Bogor Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H. Upacara tersebut dipimpin oleh Komandan Upacara Jarot Pangestu, S.H. (Juru Sita) dengan susunan acara sebagai berikut:

 

  1. Inspektur Upacara memasuki lapangan Upacara
  2. Penghormatan Umum kepada Inspektur Upacara
  3. Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara
  4. Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, Penghormatan dipimpin oleh Komandan Upacara
  5. Mengheningkan Cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara
  6. Pembacaan Teks PANCASILA, diikuti seluruh peserta upacara
  7. Pembacaan Pembukaan UUD 1945
  8. Pembacaan naskah Proklamasi oleh Inspektur Upacara
  9. Pemberian Satya Lencana Karya Satya secara simbolis
  10. Pembacaan Doa
  11. Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara
  12. Penghormatan Umum kepada Inspektur Upacara
  13. Inspektur Upacara berkenan meninggalkan mimbar upacara
  14. Upacara selesai

Upacara tersebut diikuti oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor R. Hendral, S.H., M.H., Para Pejabat Struktural, Hakim - Hakim, dan seluruh Pegawai Pengadilan Negeri Bogor.

Para Petugas Upacara:

  1. Jarot Pangestu, S.H. (Komandan Upacara)
  2. Nurjaya (Pengibar Bendera Merah Putih)
  3. Hasri Prima Handawati, S.H. (Pengibar Bendera Merah Putih)
  4. Dudi Gusmawan, S.H. (Pengibar Bendera Merah Putih)
  5. Fanny Rahardja, S.H. (Pembaca Teks PANCASILA)
  6. Markus H. Simarmata, S.Sos (Pembaca Pembukaan UUD 1945)
  7. Suryani, S.H. (Pembawa Acara)
  8. Herman Saputra, S.H. (Pembaca Doa')

 

Mei21

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2018

Kategori // Berita

Bogor, Senin 21 Mei 2018 Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B Telah melaksanakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang bertempat di lapangan upacara Pengadilan Negeri Bogor, Upacara tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B Bapak R. Hendral S.H., M.H. dengan susunan acara sebagai berikut:

  1. Pengibaran bendera Merah Putih
  2. Mengheningkan Cipta dipimpin oleh Pembina Upacara
  3. Pembacaan Teks Pancasila oleh Pembina Upacara diikuti oleh seluruh peserta upacara
  4. Pembacaan Naskah Pembukaan UUD 1945
  5. Pembacaan Sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika oleh Pembina Upacara

 

 

Mei09

Rapat Bulanan Mei 2018 Pada Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B

Kategori // Berita

Bogor 9 Mei 2018, telah dilaksanakan Rapat Bulanan yang bertempat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B. Ketua Pengadilan Negeri Bogor membuka rapat dengan menyampaikan hal sebagai berikut :

  1. KPN kembali mengingatkan dan menghimbau kepada seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Bogor agar menghentikan semua perbuatan- perbuatan yang menyimpang yang terkait dengan pengurusan perkara.
  2. Loket Pelayanan (PTSP) dijaga benar-benar efektifitas pelayanannya, jangan sampai loket kosong apalagi di jam kerja. Hakim Pengawas, Panitera dan para Panitera Muda agar membantu mengawasi agar loket pelayanan berfungsi maksimal.

Rapat Bulanan dilanjutkan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor dengan pembahasan Laporan Hakim Pengawas Bulanan

  1. Laporan Hakim Pengawas bulan ini tidak banyak lebih kepada peralatan kerja.
  2. Bagian Perencanaan agar segera mendistribusikan blanko kebutuhan alat kerja kepada seluruh bagian agar diketahui kebutuhan masing-masing unit kerja.
  3. Bagian Kearsipan membutuhkan banyak box arsip dan ruang arsip yang lebih luas.
  4. Realisasi anggaran DIPA masih dibawah 30 persen diharapkan agar dapat segera direalisasikan sehingga realisasi dapat meningkat
  5. Kebutuhan kertas dan ATK yang lain untuk perkara pidana dapat diambil dari DIPA sementara untuk ATK Perkara Perdata dapat diambil dari Biaya proses.
  6. Disiplin secara umum sudah bagus tinggal ada satu dua yang belum disiplin dalam membuat ijin keluar kantor
  7. Pengamanan di waktu sore hari agar lebih diperhatikan
  8. Pengiriman berkas tilang tetap melalui loket PTSP hanya perhitungan berkasnya saja yang dilakukan di ruangan tilang
  9. Untuk perkara permohonan agar dipersiapkan untuk benar-benar dapat diterapkan one day service.

KPN memberikan tanggapan terutama terkait dengan pengamanan di kantor saat sudah melewati jam kerja. Apabila terjadi kehilangan barang milik negara / inventaris setelah jam kerja maka menjadi tanggung jawab petugas keamanan yang piket pada saat itu.

KPN menyampaikan terima kasih untuk meningkatnya disiplin dan diharapkan agar seterusnya seperti itu.

Mengingat sebentar lagi akan memasuki bulan suci ramadhan, Pimpinan mengucapkan permohonan maaf dan selamat menjalankan ibadah puasa.

[12 3 4 5  >>  

Pengadilan Negeri Bogor
Jalan Pengadilan No.10
Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia 

+62 251 8323 121
+62 251 8323 190
surat@pn-bogor.go.id

© 2011 - 2018 Pengadilan Negeri Bogor