Berita

Agu17

UPACARA PERINGATAN HUT KE-73 KEMERDEKAAN RI PADA PENGADILAN NEGERI BOGOR KELAS I B

Kategori // Berita

Bogor, Jumat 17 Agustus 2018 bertempat di lapangan upacara Kantor Pengadilan Negeri Bogor telah dilaksanakan Upacara Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia. Upacara dimulai pukul 07.30 WIB, bertindak sebagai Inspektur Upacara Ketua Pengadilan Negeri Bogor Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H. Upacara tersebut dipimpin oleh Komandan Upacara Jarot Pangestu, S.H. (Juru Sita) dengan susunan acara sebagai berikut:

 

  1. Inspektur Upacara memasuki lapangan Upacara
  2. Penghormatan Umum kepada Inspektur Upacara
  3. Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara
  4. Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, Penghormatan dipimpin oleh Komandan Upacara
  5. Mengheningkan Cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara
  6. Pembacaan Teks PANCASILA, diikuti seluruh peserta upacara
  7. Pembacaan Pembukaan UUD 1945
  8. Pembacaan naskah Proklamasi oleh Inspektur Upacara
  9. Pemberian Satya Lencana Karya Satya secara simbolis
  10. Pembacaan Doa
  11. Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara
  12. Penghormatan Umum kepada Inspektur Upacara
  13. Inspektur Upacara berkenan meninggalkan mimbar upacara
  14. Upacara selesai

Upacara tersebut diikuti oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor R. Hendral, S.H., M.H., Para Pejabat Struktural, Hakim - Hakim, dan seluruh Pegawai Pengadilan Negeri Bogor.

Para Petugas Upacara:

  1. Jarot Pangestu, S.H. (Komandan Upacara)
  2. Nurjaya (Pengibar Bendera Merah Putih)
  3. Hasri Prima Handawati, S.H. (Pengibar Bendera Merah Putih)
  4. Dudi Gusmawan, S.H. (Pengibar Bendera Merah Putih)
  5. Fanny Rahardja, S.H. (Pembaca Teks PANCASILA)
  6. Markus H. Simarmata, S.Sos (Pembaca Pembukaan UUD 1945)
  7. Suryani, S.H. (Pembawa Acara)
  8. Herman Saputra, S.H. (Pembaca Doa')

 

Mei21

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2018

Kategori // Berita

Bogor, Senin 21 Mei 2018 Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B Telah melaksanakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang bertempat di lapangan upacara Pengadilan Negeri Bogor, Upacara tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B Bapak R. Hendral S.H., M.H. dengan susunan acara sebagai berikut:

  1. Pengibaran bendera Merah Putih
  2. Mengheningkan Cipta dipimpin oleh Pembina Upacara
  3. Pembacaan Teks Pancasila oleh Pembina Upacara diikuti oleh seluruh peserta upacara
  4. Pembacaan Naskah Pembukaan UUD 1945
  5. Pembacaan Sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika oleh Pembina Upacara

 

 

Mei09

Rapat Bulanan Mei 2018 Pada Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B

Kategori // Berita

Bogor 9 Mei 2018, telah dilaksanakan Rapat Bulanan yang bertempat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B. Ketua Pengadilan Negeri Bogor membuka rapat dengan menyampaikan hal sebagai berikut :

  1. KPN kembali mengingatkan dan menghimbau kepada seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Bogor agar menghentikan semua perbuatan- perbuatan yang menyimpang yang terkait dengan pengurusan perkara.
  2. Loket Pelayanan (PTSP) dijaga benar-benar efektifitas pelayanannya, jangan sampai loket kosong apalagi di jam kerja. Hakim Pengawas, Panitera dan para Panitera Muda agar membantu mengawasi agar loket pelayanan berfungsi maksimal.

Rapat Bulanan dilanjutkan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor dengan pembahasan Laporan Hakim Pengawas Bulanan

  1. Laporan Hakim Pengawas bulan ini tidak banyak lebih kepada peralatan kerja.
  2. Bagian Perencanaan agar segera mendistribusikan blanko kebutuhan alat kerja kepada seluruh bagian agar diketahui kebutuhan masing-masing unit kerja.
  3. Bagian Kearsipan membutuhkan banyak box arsip dan ruang arsip yang lebih luas.
  4. Realisasi anggaran DIPA masih dibawah 30 persen diharapkan agar dapat segera direalisasikan sehingga realisasi dapat meningkat
  5. Kebutuhan kertas dan ATK yang lain untuk perkara pidana dapat diambil dari DIPA sementara untuk ATK Perkara Perdata dapat diambil dari Biaya proses.
  6. Disiplin secara umum sudah bagus tinggal ada satu dua yang belum disiplin dalam membuat ijin keluar kantor
  7. Pengamanan di waktu sore hari agar lebih diperhatikan
  8. Pengiriman berkas tilang tetap melalui loket PTSP hanya perhitungan berkasnya saja yang dilakukan di ruangan tilang
  9. Untuk perkara permohonan agar dipersiapkan untuk benar-benar dapat diterapkan one day service.

KPN memberikan tanggapan terutama terkait dengan pengamanan di kantor saat sudah melewati jam kerja. Apabila terjadi kehilangan barang milik negara / inventaris setelah jam kerja maka menjadi tanggung jawab petugas keamanan yang piket pada saat itu.

KPN menyampaikan terima kasih untuk meningkatnya disiplin dan diharapkan agar seterusnya seperti itu.

Mengingat sebentar lagi akan memasuki bulan suci ramadhan, Pimpinan mengucapkan permohonan maaf dan selamat menjalankan ibadah puasa.

Apr13

Pengenalan E-Court Dan Penandatanganan MOU Peningkatan Kapabilitas Pelayanan Hukum Berbasis Digital Kepada Masyarakat Kota Bogor

Kategori // Berita

Bogor Jumat 13 April 2018, Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B telah melaksanakan kegiatan "PENGENALAN E-COURT DAN PENANDATANGANAN MOU PENINGKATAN KAPABILITAS PELAYANAN HUKUM BERBASIS DIGITAL KEPADA MASYARAKAT KOTA BOGOR". Kegiatan tersebut dilaksanakan guna memperkenalkan pelayanan - pelayanan dan inovasi yang telah dilaksanakan oleh Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B.

Kegiatan dibuka oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H. dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa inovasi dan implementasi teknologi informasi khususnya pada saat persidangan merupakan salah satu bentuk upaya peningkatan pelayanan kepada para pengguna layanan Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan mengenai e-court dan inovasi - inovasi pendukung lainnya yang telah diterapkan pada Pengadilan Negeri Bogor oleh ketua tim inovasi yaitu R.R. Dewi Lestari Nuroso, S.H., M.H., setelah pemaparan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan para peserta kegiatan.

Acara "PENGENALAN E-COURT DAN PENANDATANGANAN MOU PENINGKATAN KAPABILITAS PELAYANAN HUKUM BERBASIS DIGITAL KEPADA MASYARAKAT KOTA BOGOR" ini dihadiri oleh unsur FORKOPIMDA Kota Bogor beserta para tamu undangan antara lain, POLRESTA Bogor Kota, KEJARI Kota Bogor, LAPAS, KODIM, BAPAS, Kantor Imigrasi Kota Bogor, Dinas Sosial, PERADI, AAI, LPSK, Universitas Pakuan, BPN, Pers dan tamu undangan lainnya.

Feb14

Pengambilan Sumpah Jabatan Dan Pelantikan Panitera Muda Pidana, I Gede Renasa S.H., M.H.

Kategori // Berita

Bogor, Rabu 14 Februari 2018 pada pukul 10.00 WIB bertempat di ruang Sidang Cakra, telah dilaksanakan Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Panitera Muda Pidana Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B I Gede Renasa, S.H., M.H. yang sebelumnya menjabat sebagai Panitera Pengganti pada Pengadilan Negeri Jakarta Barat menggantikan Tasdik, S.H., M.H. yang saat ini bertugas menjadi Panitera Muda Perdata pada Pengadilan Negeri Cibinong.

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H., acara dihadiri oleh perwakilan Keluarga Besar Pengadilan Negeri Jakarta Barat, seluruh Hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Bogor serta tamu undangan.

Des22

Upacara Peringatan Hari Ibu Ke 89

Kategori // Berita

Bogor, Jumat 22 Desember 2017 bertempat di lapangan upacara Kantor Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B telah dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Ibu tahun 2017. Upacara dimulai tepat pukul 07.30 WIB, bertindak sebagai Pembina Upacara Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H. Upacara tersebut dipimpin oleh Komandan Upacara Jarot Pangestu, S.H. (Juru Sita). Upacara dihadiri oleh jajaran Hakim, Panitera, Sekretaris dan seluruh Pegawai Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B.

Nov28

Mewujudkan Peradilan Cepat, Singkat Dan Biaya Ringan Melalui Mediasi Dalam Penyelesaian Perkara Di Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B

Kategori // Berita

Sehubungan dengan pelaksanaan implementasi visi dan misi Mahkamah Agung maka Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B telah mencoba merealisasikannya melalui Pelaksanaan Mediasi sesuai dengan PERMA No. 1 Tahun 2016 tentang Prosedural Mediasi di Pengadilan, yaitu untuk mengurangi beban penyelesaian perkara di Tingkat Pertama, Banding dan Mahkamah Agung telah melaksanakan peradilan cepat, singkat dan biaya ringan melalui tahapan Mediasi.

Seperti diamanatkan dalam PERMA No. 1 Tahun 2016 bahwa setiap perkara perdata yang terdaftar di Pengadilan harus menjalankan proses Mediasi. Bahwa dengan motto Mediasi "Damai Itu Indah" dan "Win Win Solution" maka berdasarkan hasil Monitoring dan Evaluasi dari TIM POKJA Mediasi Mahkamah Agung yang bekerja sama dengan EU-UNDP SUSTAIN Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B sudah melakukan beberapa tahapan Mediasi dan mencapai angka keberhasilan yang siginfikan.

Dalam penanganan Mediasi perkara perdata para Mediator di Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B selau berupaya dengan sekuat daya upaya agar dapat memberikan win win solution kepada para pihak yang berperkara, sebagai salah satu contoh adalah penanganan perkara No.154/Pdt.G/2017/PN.Bgr. berhasil di Mediasikan dalam proses sidang pertama yang dipimpin oleh Majelis Hakim R. Hendral, S.H., M.H. sebagai Hakim Ketua, Hakim Anggota Junita Beatrix Ma'i, S.H., M.H. dan Hj. Siti Yuristia Akuan, S.H., M.H. dengan dibantu oleh Panitera Pengganti Muhammad Sidik, S.H. dengan  Mediator Siti Suryani Hasanah, S.H., M.H.

Bahwa Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B merupakan salah satu pilot poject Mediasi di seluruh Badan Peradilan dibawah lingkungan Mahkamah Agung RI, untuk itu selalu berkomitmen dan berupaya dengan maksimal agar setiap pekara perdata yang terdaftar di Pengadilan Negeri Bogor dapat diselesaikan dengan damai, sehingga proses persidangan yang cepat, singkat dan biaya ringan dapat terpenuhi.

Okt02

[Berita Foto] Personil Pengadilan Negeri Bogor Di Tes Urine Oleh BNN Kabupaten Bogor

Kategori // Berita

(Ketua dan Wakil Ketua PN Bogor Bersama Kepala BNN Kabupaten Bogor)

 

 

Pengambilan sampel urine Hakim - Hakim dan para Pegawai PN Bogor

 

Jul31

Audit Eksternal Surveillance Ke-2 Akreditasi Penjaminan Mutu pada Pengadilan Negeri Bogor

Kategori // Berita

Bogor, 30 - 31 Juli 2018 Tim Auditor Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Jawa Barat telah melaksanakan Audit Eksternal Surveillance pertama terhadap Kinerja pada Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B. Audit tersebut dilaksanakan dalam rangka pengawasan (surveillance)  penilaian kinerja Penjaminan Mutu Pengadilan Negeri Bogor.

Mei09

Sosialisasi PERMA No. 3 Tahun 2018 Pada Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B

Kategori // Berita

Bogor 9 Mei 2018 bertempat di Ruang Sidang Cakra telah dilaksanakan Sosialisasi PERMA No.3 Tahun 2018. Sosialisasi dibuka oleh Ketua PN Bogor Kelas I B. dengan menyampaikan bahwa pada hari Selasa tanggal 08 Mei 2018 KPN, Panitera dan Panitera Muda Perdata mengikuti sosialisasi di Pengadilan Tinggi Jawa Barat terkait PERMA Nomor 3 Tahun 2018 tentang persidangan elektronik

Mengenai pelaksanaan PERMA ini masih dibutuhkan banyak revisi Karena memang baru akan diujicobakan di PN Jakarta Pusat dan PN Surabaya pada akhir bulan Mei 2018.

Dan untuk e-court yang sedang dikembangkan oleh Pengadilan Negeri Bogor merupakan hal yang berbeda dari yang dimaksud oleh PERMA tersebut. E-court yang dikembangkan oleh Pengadilan Negeri Bogor adalah proses persidangannya sementara PERMA tersebut lebih kepada administrasinya terutama perkara perdata

Apr24

Kunjungan Kerja Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat Ke Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B

Kategori // Berita

Kota Bogor, Selasa 24 April 2018 Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B mendapatkan kunjungan dari Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat H. Arwan Byrin, S.H., M.H. beserta rombongan dalam rangka memantau dan memeriksa kesiapan Pengadilan Negeri Bogor dalam menghadapi kegiatan Peresmian dan Peluncuran Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang akan dilaksanakan serentak pada seluruh satuan kerja di wilayah Pengadilan Tinggi Jawa Barat.

Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat disambut oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B Hj. Tenri Muslinda beserta Wakil Ketua dan para Hakim pada Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B di ruangan tunggu PTSP, kemudian mewawancarai para petugas PTSP dan Petugas Meja Informasi dan Pengaduan, setelah memeriksa kesiapan personil kemudian Bapak KPT melakukan uji coba teleconference dengan beberapa satker antara lain dengan Pengadilan Negeri Cibadak dan Pengadilan Negeri Cibinong.

 

 

Feb26

Audit Internal Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B Tahun 2018

Kategori // Berita

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan selanjutnya Bapak R. Hendral, S.H., M.H. (WKPN) membuka secara Resmi Acara Audit Internal Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B tahun 2018.

WKPN sebagai Manager Representative mengingatkan bahwa Audit Internal pada tahun 2018 dilakukan untuk melihat ketidaksesuaian pekerjaan dengan SOP yang ada.

Diharapkan dengan adanya audit internal ini akan ditemukan kemajuan dari ketidaksesuaian yang telah ditemukan sebelumnya.

Kemudian disampaikan agenda kegiatan audit internal oleh Lead Auditor (Narni Priska Faridayanti, SH.,MH.) bahwa Audit Internal yang dilakukan saat ini untuk menemukan ketidaksesuaian dan menyampaikan bahwa diharapkan para auditor bekerja dengan bersungguh hati sehingga didapatkan hasil yang maksimal untuk kemajuan Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B.

Acara Audit Internal berlangsung selama 2 hari dan akan dilakukan Penutupan pada hari rabu tanggal 28 Februari 2018 dan masing-masing auditor menyampaikan hasil pemeriksaannya pada acara penutupan tersebut.

 

Jan17

Upacara Penandatanganan Pakta Integritas Tahun 2018

Kategori // Berita

Bogor, Rabu 17 Januari 2017 bertempat di ruang sidang Cakra Pengadilan Negeri Bogor telah melaksanakan Upacara Penandatanganan Pakta Integritas tahun 2018. Upacara tersebut dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H. dan diikuti oleh jajaran hakim, pejabat struktural dan funsional serta para pegawai, dengan susunan acara sebagai berikut:

  1. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya;
  2. Pembacaan Pakta Integritas;
  3. Penandatanganan Pakta Integritas;
  4. Sambutan Ketua Pengadilan;
  5. Lagu Bagimu Negeri;
  6. Doa;

Sebelum dilaksanakan penandatanganan Pakta Integritas terlebih dahulu dibacakan Pakta Integritas untuk Hakim oleh Luh Sasmita Dewi, S.H., M.H., Pakta Integritas Panitera, Panitera Pengganti, Jurusita dan jurusita pengganti dibacakan oleh Ida Lestari S.H. dan Pakta Integritas Kesekretariatan dibacakan oleh Mardiana Irawaty Siregar, selanjutnya dilaksanakan penandatanganan pakta integritas oleh seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B.

 

Kemudian dalam sambutannya Ketua Pengadilan Hj. Tenri Muslinda menyampaikan amanat bahwa pelaksanaan upacara ini bukan hanya sebagai acara simbolis namun agar selalu dipegang teguh dalam melaksanakan tugas dan wewenang untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan peningkatan kinerja pada Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B.

 

 

Des20

Rapat Bulanan Desember 2017

Kategori // Berita

Bogor 20 Desember 2017 Pengadilan Negeri Bogor telah melaksanakan Rapat Koordinasi yang rutin dilaksanakan setiap bulannya, kegiatan tersebut dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B, Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H., rapat tersebut dihadiri oleh para Hakim, Sekretaris dan Panitera Pengadilan Negeri Bogor serta seluruh Pegawai.

Ketua Pengadilan Negeri Bogor membuka rapat dengan melakukan absensi kepada seluruh Hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B untuk mengevaluasi kedisiplinan pegawai dan selanjutnya menyampaikan  hal-hal sebagai berikut :

  1. KPN kembali menegaskan pentingnya untuk hadir dalam Rapat bulanan dan Rapat pembinaan yang dilakukan oleh KPN karena rapat bulanan dilakukan sekali dalam sebulan dan merupakan bentuk pembinaan KPN kepada bawahannya;
  2. KPN kembali mengingatkan masalah integritas karena merupakan kewajiban KPN sesuai Perma No. 7 Tahun 2016;
  3. KPN juga mengingatkan agar bagian pelayanan terutama kepaniteraan agar berhati-hati terhapad godaan dan suap dalam bentuk apapun;
  4. Persiapan dan penyusunan Laporan Tahunan 2017 paling lambat 5 Januari 2018;
  5. Stok Opname dan Status penggunaan BMN;
  6. KPN mengingatkan untuk persiapan surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu yang saat ini memasuki tahap kedua yang akan dilaksanakan pada bulan Januari 2018;

 

Nov21

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Mediasi oleh Pokja Mediasi Mahkamah Agung RI dan EU-UNDP SUSTAIN

Kategori // Berita

Bogor 20-21 November 2017 telah dilaksanakan Monitoring dan Evaluasi pelaksanaan Mediasi pada Pengadilan Negeri Bogor oleh Pokja Mediasi Mahkamah Agung RI yang didampingi oleh Tim EU-SUSTAIN UNDP, Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut meliputi kegiatan sebagai berikut.

Pada hari pertama tim monev Pokja Mediasi melaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan mediasi dan administrasi pelaksanaan mediasi pada Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B hal tersebut meliputi antara lain:

  • Sarana dan Prasarana Ruang Mediasi
  • Administrasi dan Pelaporan Pelaksanaan Mediasi
  • dan evaluasi Pelaksanaan Mediasi itu sendiri

Setelah dilaksanakan evaluasi, pada hari kedua tanggal 21 November 2017 dilaksanakan pemaparan hasil monitoring dan evaluasi tersebut yang dilaksanakan di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri bogor Kelas I B dan diikuti oleh seluruh Hakim dan Panitera Pengganti, setelah dilaksanakan pemaparan kemudian dibuka sesi diskusi dan tanya jawab, acara ditutup dengan penyerahan hasil Monev yang pada hal ini Pengadilan Negeri Bogor Mendapatkan poin 83 dengan kategori BAIK, diserahkan oleh Koordinator Tim Monitoring dan Evaluasi Pokja Mediasi Mahkamah Agung RI Edy Wibowo, S.H., M.H. kepada Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H.

Tim Monitoring dan Evaluasi pelaksanaan Mediasi di Pengadilan Negeri Bogor:

  1. Hakim Tinggi Pengawas: Agus Hariyadi, S.H., M.H.
  2. Koordinator: Edy Wibowo, S.H., M.H.
  3. Sekretaris: Rahmat Arijaya, S.Ag.
  4. Anggota 1: Fatahillah
  5. Anggota 2: Diarani Octaria
  6. Anggota 3: Hariyadi, S.Kom.
  7. Anggota 4: Muhammad Asmuni
[12 3 4  >>  

Pengadilan Negeri Bogor
Jalan Pengadilan No.10
Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia 

+62 251 8323 121
+62 251 8323 190
surat@pn-bogor.go.id

© 2011 - 2018 Pengadilan Negeri Bogor