Berita

Mar15

Pelantikan Panitera Muda Pidana Pengadilan Negeri Bogor

Kategori // Berita

Pelantikan Panitera Muda Pidana Pengadilan Negeri Bogor

(Bogor/admin) Pada hari Jum'at, 15 Maret 2019, telah dilantik Sugandi Syarif, SH., MH. sebagai Panitera Muda Pidana Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B menggantikan I Gede Renasa, SH. MH yang telah dipromosikan menjadi Panitera Muda Pidana Pengadilan Negeri Jakarta Barat Kelas I A Khusus.

Mar15

Penilaian Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Negeri Bogor oleh Pengadilan Tinggi Bandung

Kategori // Berita

Penilaian Pembangunan Zona Integritas oleh Pengadilan Tinggi Bandung

(Bogor/admin) Pada hari Jum'at, 8 Maret 2019 Pengadilan Tinggi Bandung melakukan penilaian kesiapan Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B dalam melaksanakan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). Penilaian tersebut dilakukan oleh Tim dari Pengadilan Tinggi yang terdiri dari Hakim Tinggi, Sekretaris, Kepala Bagian Umum dan Keuangan serta staf Perencanaan Pengadilan Tinggi Bandung.

Pada kesempatan tersebut, masing-masing koordinator area yang terdiri dari Hakim Pengadilan Negeri Bogor memaparkan tugas dan fungsi dari masing-masing area yang dikoordinasikannya. Mereka mempresentasikan didepan tim penilai dari Pengadilan Tinggi. Area-area pada Pembangunan Zona Integritas tersebut adalah :

AREA 1 : MANAJEMEN PERUBAHAN

AREA 2 : PENATAAN TATALAKSANA

AREA 3 : PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM

AREA 4 : PENGUATAN AKUNTABILITAS

AREA 5 : PENGUATAN PENGAWASAN

AREA 6 : PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PUBLIK

Hasil akhir penilaian dari tim Pengadilan Tinggi, Pengadilan Negeri Bogor mendapatkan nilai 86,02. kemudian dilakukan revisi atas penilaian tersebut pada hari Senin, tanggal 11 Maret 2019, sehingga penilaian final Pengadilan Tinggi Bandung atas Pembangunan Zona Integritas pada Pengadilan Negeri Bogor adalah 90,41.

Dengan nilai tersebut, Pengadilan Negeri Bogor telah siap dalam melaksanakan program Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani).

Jan23

Bank BTN mengadakan Training Service Excellent untuk pelayanan Pengadilan Negeri Bogor

Kategori // Berita

(Bogor/admin) Pada hari Jum'at, tanggal 18 Januari 2019, Bank BTN cabang Kota Bogor melakukan Training Service Excellent kepada pegawai pengadilan khususnya petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Negeri Bogor. Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan Pengadilan Negeri Bogor. Pelatihan yang diberikan oleh Ibu Noery Irmiyanti, Service Assurance Bank BTN cabang Kota Bogor berlangsung secara 2 jam. Pelatihan diberikan mulai dari menyambut orang yang datang ke Pengadilan, menanyakan keperluan sampai tata cara penanganan keluhan oleh petugas pengadilan. Ibu Noery berharap dengan diadakannya pelatihan ini, orang yang datang ke pengadilan menjadi hilang image rasa takut untuk datang ke pengadilan dan merasa seperti dilayani pada saat datang ke bank.

Acara tersebut dibuka oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor, H. Ridwan, SH., MH. dan diikuti oleh pegawai dan petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Penutupan acara tersebut ditutup oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor, R. Hendral, SH., MH.

 

 

Nov12

Rapat Bulanan Pengadilan Negeri Bogor Bulan November 2018

Kategori // Berita

(Bogor-admin) Pada Hari Senin, 12 Oktober 2018, Pengadilan Negeri Bogor melaksanakan Rapat Bulanan yang dihadiri oleh seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Bogor. Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor, R. Hendral, SH., MH. yang dimulai pada pukul 9:00 WIB sampai dengan pukul 11 :00 WIB.

Pada rapat tersebut membahas permasalahan yang ada di Pengadilan Negeri Bogor, serta permasalahan pada Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) dan juga evaluasi kerja Pengadilan Negeri Bogor.

 

 

Okt31

Pengadilan Negeri Bogor turut berduka atas musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT610

Kategori // Berita

(Bogor-admin) Pengadilan Negeri Bogor menyampaikan turut berduka cita dan bela sungkawa sedalam-dalamnya kepada para korban kecelakaan pesawat Lion Air JT610 rute Jakarta (CGK) - Pangkal Pinang (PGK) yang jatuh pada hari Senin, 29 Oktober 2018 di sebelah utara Karawang. Korban dalam pesawat tersebut berjumlah 189 orang.

Didalam pesawat tersebut terdapat 4 (empat) orang Hakim, yaitu :

1. Rijal Mahdi (Hakim Tinggi PTA Babel)

2. Hasnawati (Hakim Tinggi PT Babel)

3. Yuningtias Upiek Kartikawati (Hakim Tinggi PT Babel)

4. Ikhsan Riyadi (Hakim PN Koba Babel).

Sebagai bentuk penghormatan duka cita kepada seluruh korban dalam pesawat tersebut, mulai hari Rabu tanggal 31 Oktober 2018, seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Bogor akan memakai pita hitam selama 7 hari kedepan.

(credit ©Daniel Dominguez @JetPhotos)

Pesawat Lion Air berjenis Boeing 737 MAX8 dengan registrasi PK-LQP tersebut baru dioperasikan Lion Air pada tanggal 15 Agustus 2018 dan merupakan pesawat keluaran terbaru dari pabrikan pesawat asal Amerika Serikat, Boeing. sampai berita ini dibuat, pihak Basarnas dan instansi terkait masih melakukan pencarian tubuh korban di laut dan juga Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih mencari Flight Data Recorder (FDR) bekerjasama dengan pihak Boeing untuk mengetahui penyebab kecelakaan pesawat tersebut.

(credit photos ©M.Gabriel Miolo @Aviation Safety Network)

Okt29

Pengadilan Negeri Bogor mengadakan acara Sosialisasi e-Court

Kategori // Berita

(Bogor-admin) Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B mengadakan acara Sosialisasi e-Court Mahkamah Agung RI yang diadakan di Hotel Royal Padjajaran Bogor pada tanggal 26 Oktober 2018. acara tersebut dibuka oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B, H. Ridwan, SH., MH. yang sekaligus menjadi pembicara pada acara tersebut. Hadir juga pembicara lainnya, yaitu dari Bank BTN cabang Bogor yang menjadi rekening tempat virtual account e-court Pengadilan Negeri Bogor dalam hal ini dibawakan oleh bapak Slamet Riyadi selaku Kepala cabang Bank BTN kota Bogor. dan juga ketua PERADI kota Bogor, Rusmin Wijaya, SH.

Acara tersebut dihadiri oleh 100 peserta yang semuanya merupakan advokat kota Bogor. dalam acara tersebut dilakukan simulasi mendaftar di sistem e-court Mahkamah Agung RI dan juga dilakukan sesi tanya jawab. para peserta terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi ini dengan banyaknya pertanyaan yang timbul dari para peserta.

Aplikasi e-court Mahkamah Agung RI merupakan aplikasi terbaru Mahkamah Agung RI yang didalamnya terdiri dari tiga komponen utama yaitu :

e-Filling

Pendaftaran perkara online dilakukan setelah terdaftar sebagai pengguna terdaftar dengan memilih Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, atau Pengadilan TUN yang sudah aktif melakukan pelayanan e-Court. Semua berkas pendaftaran dikirim secara elektronik melalui aplikasi e-Court Makamah Agung RI.

e-Payment

Untuk kelancaran dalam mendukung program e-Court Mahkamah Agung RI bekerja sama dengan Bank Pemerintah dalam hal manajemen Pembayaran Biaya Panjar Perkara . Dalam Hal ini Bank yang telah ditunjuk menyediakan Virtual Account (Nomor Pembayaran) sebagai sarana pembayaran kepada Pengadilan tempat mendaftar perkara. hingga saat ini ada 7 Bank pemerintah yang mendukung pembayaran sistem e-court MA, yaitu :

Bank BRI

Bank BNI46

Bank Mandiri

Bank BTN

Bank BRI Syariah

Bank BNI Syariah

bank Mandiri Syariah

e-Summons

Yaitu panggilan kepada para pihak yang dilakukan secara elektronik. panggilan akan dilakukan melalui e-mail ke alamat e-mail masing-masing para pihak yang berperkara.

 

Okt03

Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2018

Kategori // Berita

Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2018

Seluruh jajaran Hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Bogor melaksanakan upacara hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Oktober 2018 di halaman kantor Pengadilan Negeri Bogor. upacara dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor, R. Hendral, SH., MH. dan berlangsung secara lancar.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati oleh semua instansi dan lembaga pemerintahan setiap tanggal 1 Oktober tiap tahunnya.

 

 

Agu29

Rapat Pembinaan Ketua Pengadilan Negeri Bogor

Kategori // Berita

Rapat Pembinaan Ketua Pengadilan Negeri Bogor

Bogor, 29 Agustus 2018

 

Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B, Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H. mengadakan rapat pembinaan kepada seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Bogor atas kejadian yang menimpa salah satu oknum Pengadilan Negeri Medan pada hari Selasa, 28 Agustus 2018.

Ketua Pengadilan Negeri Bogor memiliki kewajiban untuk terus menyampaikan dan mengingatkan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 7, Nomor 8 dan Nomor 9 Tahun 2016 dan Maklumat Ketua Mahkamah Agung Nomor 1/Maklumat/KMA/IX/2017. Hal yang sama juga disampaikan bahwa beliau tidak akan pernah bosan untuk terus mengingatkan dan saling mengawasi agar Pengadilan Negeri Bogor terus berubah kearah yang lebih baik, dikarenakan Ketua Pengadilan selaku pimpinan menjalankan tanggung jawab untuk melakukan pembinaan kepada seluruh pegawai Pengadilan Negeri Bogor.

Ketua Pengadilan Negeri Bogor juga tidak pernah bosan untuk terus mengajak seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Bogor untuk meninggalkan perilaku menyimpang yang terkait dengan pemberian gratifikasi dalam hal pengurusan perkara.

Beliau menghimbau dan memohon kepada seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Bogor apabila masih ada oknum yang melakukan perbuatan menyimpang dengan menerima gratifikasi terkait dengan pengurusan perkara agar menghentikan kegiatan tersebut sebelum terjadi kejadian yang akan mencoreng kembali dunia peradilan.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Pengadilan Negeri Bogor berpesan bahwa Pengadilan Negeri Bogor telah membangun layanan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sebagai upaya membangun pelayanan pengadilan yang bersih, cepat dan bebas pungli.

Saat ini, Pengadilan Negeri Bogor juga telah menerapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau disebut dengan PTSP sebagai upaya meminimalisir pungli ataupun suap, sehingga semua pelayanan pengadilan bisa diselesaikan di meja depan baik pelayanan pidana, perdata, hukum dan juga bagian umum. (Admin/foto internal PN BGR)

Mar15

Monitoring dan Evaluasi Program Pendidikan dan pelatihan Calon Hakim Terpadu

Kategori // Berita

Monitoring dan Evaluasi Program Pendidikan dan pelatihan Calon Hakim Terpadu

(Bogor/admin) Pada hari Kamis, 15 Maret 2019, Pengadilan Negeri Bogor dikunjungi oleh Ms. Anne Tahapary dari Studiecentrum Rechtspleging (SSR) Belanda beserta Tim Judicial Sector Support Program (JSSP) dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Program Pendidikan dan pelatihan Calon Hakim Terpadu di Pengadilan Negeri Bogor.

Kedatangan tim tersebut bertujuan sebagai monitoring dan evaluasi program yang diterima oleh Calon Hakim Mahkamah Agung RI khususnya Calon Hakim yang ada di Pengadilan Negeri Bogor. pada kesempatan tersebut para Calon Hakim terlihat sangat antusias dalam menyampaikan pengalaman dan aspirasinya kepada tim dari SSR dan JSSP.

Feb18

Sosialisasi dan Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas (ZI) di Pengadilan Negeri Bogor

Kategori // Berita

Zona Integritas (ZI) untuk menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)

(Bogor/admin) Pada hari Senin, 18 Februari 2019, Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B melaksanakan acara Sosialisasi dan Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas (ZI) untuk menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). acara tersebut dihadiri oleh seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B.

Sosialisasi tersebut sebagai bentuk seluruh unsur Pengadilan Negeri Bogor melaksanakan Zona Integritas sesuai dengan surat edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum nomor 2 Tahun 2019 tentang pembangunan zona integritas pada seluruh pengadilan di lingkungan peradilan umum.

Jan09

Penandatanganan Pakta Integritas 2019

Kategori // Berita

Pada hari Senin, 7 Januari 2019. Seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B melaksanakan kegiatan Penandatanganan Pakta Integritas 2019 yang diikuti dengan acara lain, yaitu Laporan Pertanggungjawaban Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B, Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2019, Sosialisasi DIPA mata anggaran tahun 2019 dan diakhiri dengan Rapat Bulanan rutin bulan Januari 2019.

 

Kegiatan tersebut sebagai bentuk komitmen kerja seluruh unsur Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B dalam melaksanakan tugas sebagai aparatur negara dan memberikan pelayanan keadilan yang lebih baik kepada masyarakat. (admin)

Nov12

Upacara Hari Pahlawan Pengadilan Negeri Bogor

Kategori // Berita

Upacara Hari Pahlawan Pengadilan Negeri Bogor

(Bogor-admin) Pada hari Senin, 12 Oktober 2018, Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B melaksanakan upacara Hari Pahlawan yang dilaksanakan di halaman kantor Pengadilan Negeri Bogor. Upacara tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor, R. Hendral, SH., MH. dan diikuti oleh seluruh Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional serta pegawai dan calon hakim.

Upacara tersebut dilaksanakan untuk memberikan penghormatan jasa kepada Pahlawan-pahlawan Indonesia yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Okt31

Upacara Sumpah Pemuda di Pengadilan Negeri Bogor

Kategori // Berita

(Bogor-admin) Pada hari Senin, tanggal 29 Oktober 2018, seluruh unsur Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B melaksanakan upacara Sumpah Pemuda. upacara dilaksanakan di halaman kantor Pengadilan Negeri Bogor dan dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor, R. Hendral, SH., MH.

 

Upacara yang bertema "BANGUN PEMUDA SATUKAN INDONESIA" tersebut berlangsung lancar dan wujud nyata seluruh unsur Pengadilan Negeri Bogor dalam menghormati jasa-jasa pemuda terdahulu dalam mewujudkan pembangunan Indonesia.

Okt22

Pengadilan Negeri Bogor menyiarkan peresmian 85 Pengadilan baru di Melonguane

Kategori // Berita

Pengadilan Negeri Bogor menyiarkan peresmian 85 Pengadilan baru di Melonguane

(Bogor-admin) Seluruh Hakim, Pejabat Struktural dan pegawai Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B mengadakan Nonton Bareng acara Peresmian 85 Pengadilan Baru yang diadakan di Melonguane, Kabupaten Talaud, provinsi Sulawesi Utara.

Acara peresmian yang dibuka oleh Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, SH., MH. itu disiarkan di ruang sidang utama kantor Pengadilan Negeri Bogor dan layar meja informasi. pengunjung Pengadilan Negeri Bogor juga dapat menyaksikan siaran tersebut.

Dengan diresmikannya acara tersebut oleh Ketua MA, maka 85 pengadilan baru yang dibentuk di seluruh provinsi tersebut dapat memulai operasional kantor setelah ketua pengadilan yang bersangkutan dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi di masing-masing provinsi. Status kantor pengadilan yang baru tersebut sebagian masih memakai status pinjam pakai pemda setempat, ada juga yang sudah mendapat hibah atas nama Mahkamah Agung RI.

 

 

 

Okt03

Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B

Kategori // Berita

Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B

Pada tanggal 26 September 2018, Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat, H. Arwan Byrin, SH., MH. melaksanakan Sidang Luar Biasa dengan acara pelantikan, pengambilan sumpah dan Serah Terima Jabatan Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B yang baru yaitu Ridwan, SH., MH. menggantikan Hj. Tenri Muslinda, SH., MH.

acara diadakan di kantor Pengadilan Negeri Bogor dan dihadiri oleh Muspida Kota Bogor, Hakim Agung Mahkamah Agung RI, para undangan dan seluruh Hakim dan pegawai negeri Pengadilan Negeri Bogor. 

 

 

[12 3 4 5  >>  

Pengadilan Negeri Bogor
Jalan Pengadilan No.10
Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia 

+62 251 8323 121
+62 251 8323 190
surat@pn-bogor.go.id

© 2011 - 2018 Pengadilan Negeri Bogor