• Home
  • Berita
  • Berita dan Pengumuman Satker

Berita

Jan16

Upacara Penandatanganan Pakta Integritas Tahun 2017

Kategori // Berita

Bogor, Senin 16 Januari 2017 bertempat di ruang sidang Cakra Pengadilan Negeri Bogor telah melaksanakan Upacara Penandatanganan Pakta Integritas tahun 2017. Upacara tersebut dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H. dan diikuti oleh seluruh hakim dan pegawai, dengan susunan acara sebagai berikut:

  1. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya;
  2. Pembacaan Pakta Integritas;
  3. Penandatanganan Pakta Integritas;
  4. Sambutan Ketua Pengadilan;
  5. Lagu Bagimu Negeri;
  6. Doa;

Sebelum dilaksanakan penandatanganan Pakta Integritas terlebih dahulu dibacakan Pakta Integritas untuk Pimpinan dan Hakim oleh Wakil Ketua Pengadilan H. Agung Sulistiyono, S.H., S.Sos., M.Hum., Pakta Integritas Panitera, Panitera Pengganti, Jurusita dan jurusita pengganti dibacakan oleh Panitera Hj. Ratu hera K., S.H., M.H. dan Pakta Integritas Kesekretariatan dibacakan oleh Sekretaris Agus Muliawan, S.H., salnjutnya dilaksanakan penandatanganan pakta integritas oleh seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B.

Kemudian dalam sambutannya Ketua Pengadilan Hj. Tenri Muslinda menyampaikan amanat bahwa pelaksanaan upacara ini bukan hanya sebagai acara sim,bolis namun agar selalu dipegang teguh dalam melaksanakan tugas dan wewenang untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan peningkatan kinerja pada Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B.

Des23

Kunjungan Studi Pengadilan Negeri Cirebon

Kategori // Berita

Bogor, Jumat 23 Desember 2013 Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B mendapatkan kehormatan berupa kunjungan studi dari Pengadilan Negeri Cirebon, dalam rangka persiapan Akreditasi Penjaminan Mutu pada Pengadilan Negeri Cirebon, rombongan disambut dan diterima oleh Wakil Ketua PN Bogor Kelas I B H. Agung Sulistiyono. S.H., S.SOs., M.Hum. dan Panitera Hj. Ratu Hera K., S.H., M.H. di Ruang Tamu Terbuka.

Selanjutnya rekan - rekan rombongan Pengadilan Negeri Cirebon berkesempatan untuk memantau dan berdiskusi mengenai infrastruktur serta dokumen yang akan disiapkan dalam rangka persiapan audit eksternal APM Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Des21

Sosialisasi Amnesti Pajak di Lingkungan Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B

Kategori // Berita

Rabu, 21 Desember 2016 bertempat di ruangan sidang Cakra kantor Pengadian Negeri Bogor Kelas I B telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi Amnesti Pajak / Tax Amnesty  yang diberikan oleh Kanwil DJP Jawa Barat III. Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Pengadilan Negeri Bogor Ibu Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H. dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim sosialisasi Kanwil DJP Jawa Barat III yang telah memberikan informasi yang lebih lengkap dan jelas mengenai amnesti pajak kepada seluruh warga Pengadilan Negeri Bogor.

Selanjutnya sambutan diberikan oleh tim sosialisasi Kanwil DJP Jawa Barat III Ibu Mahdaniar, S.E., M.A. disampaikan mengenai program amnesti pajak yang salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan penerimaan pajak negara, setelah sambutan diberikan kegiatan dilanjutkan dengan presentasi amnesti pajak mulai dari aturan serta mekanisme pelaksanaannya. Dalam kesempatan tersebut juga diberikan sesi khusus untuk tanya jawab seputar amensti pajak.

  

 

Nov28

Audit Eksternal Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Jawa Barat

Kategori // Berita

Bogor, Senin 28 November 2016 bertempat di lingkungan kantor Pengadilan Negeri Bogor telah dilaksanakan audit eksternal Pengadilan Tinggi Jawa Barat terhadap kinerja pada Pengadilan Negeri Bogor, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kinerja pada Pengadilan Negeri Bogor dan Akreditasi Penjaminan Mutu (APM).

Kegiatan dimulai dengan entry meeting yang dilaksanakan di ruangan sidang Cakra, tim audit yang dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat Bapak H. Zaid Umar Bobsaid, S.H., M.H. menyampaikan mekanisme dan tujuan audit eksternal tersebut, kemudian langsung dilaksanakan wawancara kepada jajaran pimpinan Pengadilan Negeri Bogor yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Panitera, dan Sekretaris sekalidus dilaksanakan dengan pemeriksaan dokumen-dokumen pendukung.

  

Setelah audit pimpinan lalu kegiatan audit dilaksanakan pada seluruh kepaniteraan dan sub bagian pada Pengadilan Negeri Bogor. Tim audit melaksanakan audit tersebut dengan metode interview dan observasi langsung pada tiap bagian. Setelah audit dilaksanakan kemudian seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan negeri bogor berkumpul di ruang sidang Cakra untuk menerima penyampaian hasil audit. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat H. Arwan Byrin, S.H., M.H.

Nov11

Sosialisasi SOP, SAKIP, Pengisian SKP, dan Blue Print MA-RI

Kategori // Berita

Bogor, Jumat 11 November 2016 pukul 13.00 bertempat di ruang sidang Cakra kantor Pengadilan Negeri Bogor telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi beberapa program dan acuan kerja pada Pengadilan Negeri Bogor, hal - hal yang disosialisasikan antara lain adalah :

  1. Standard Operating Procedure (SOP)
  2. Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)
  3. Pengisian data Sasaran Kinerja Pegawai (SKP)
  4. dan Blue Print Mahkamah Agung 2010-2035

Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka dan dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H. Dalam sambutannya beliau mengharapkan bahwa dengan adanya sosialisasi tersebut dapat meningkatkan kualitas dan kinerja masing - masing pegawai khususnya dan kinerja Pengadilan Negeri Bogor pada umumnya.

Nov07

Komitmen Bersama Pengadilan Negeri Bogor dalam Menerapkan Akreidtasi Penjaminan Mutu untuk Membangun Zona Integritas dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani

Kategori // Berita

Senin 7 Nopember 2016 Pengadilan Negeri Bogor telah menyatakan komitmen bersama seluruh warga Pengadilan Negeri Bogor dalam menerapkan Akreditasi Penjaminan Mutu untuk membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor Hj. Tenri Muslinda, dalam sambutannya beliau berpesan untuk bekerja keras bersama dan berkomitmen bersama untuk mewujudkan hal - hal tersebut.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen Bersama yang diawali oleh Ketua Pengadilan kemudian Wakil Ketua Pengadilan H. Agung Sulistiyono, S.H., S.Sos., M.Hum. diikuti oleh para Hakim dan seluruh pegawai Pengadilan Negeri Bogor.

 

Okt26

Sosialisasi Sistem Informasi Pengawasan (SIWAS) Mahkamah Agung RI

Kategori // Berita

Bogor, Rabu 26 Oktober 2016 telah dilaksanakan sosialisasi dan bimbingan teknis pengunaan Aplikasi Sistem Informasi Pengawasan (SIWAS) / Whistleblowing System Mahkamah Agung RI, kegiatan ini dibuka oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H. dalam sambutannya Ketua menyampaikan harapannya dengan adanya aplikasi tersebut dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan pada Pengadilan Negeri Bogor.

Setelah sambutan diberikan dilanjutkan dengan pemaparan gambaran secara umum mengenai SIWAS tersebut baik mengenai sistem dan teknis penggunaan oleh tim pengembang aplikasi dan stakeholder yang terdiri dari tim SUSTAIN, EU-UNDP dan Badan Pengawasan Mahakamah Agung RI.

Setelah pemaparan dilanjutkan dengan bimibingan teknis kepada Panmud Hukum, Operator Meja Pengaduan dan Staf IT PN Bogor dalam mengelola keluhan yang disampaikan menggunakan aplikasi SIWAS tersebut.

Okt12

Sosialisasi SIWAS Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI dan Rapat Persiapan Lanjutan Audit Kinerja BPK

Kategori // Berita

Bogor, Rabu 12 Oktober 2016 bertempat di Ruang Sidang Cakra kantor Pengadilan Negeri Bogor ketua Pengadilan Negeri Bogor Hj. Tenri Muslinda S.H., M.H. telah memimpin pelaksanaan sosialisasi SIWAS Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari rapat sosialisasi pada Pengadilan Tinggi Jawa Barat Jumat, 07 Oktober 2016.

Selain sosialisasi tersebut Ketua Pengadilan menyampaikan amanat mengenai peningkatan kinerja melalui impelemtasi dan tertib administrasi antara lain pelaporan, biaya perkara, dan kebersihan lingkungan kantor Pengadilan dikarenakan dalam waktu dekat akan dilaksanakan audit kinerja lanjutan dari BPK.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan pencapaian dan pembenahan infrasturktur fasilitas antara lain adalah pembenahan ruangan arsip dan perpustakaan Pengadilan Negeri Bogor.

Ditambahkan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor H. Agung Sulistiyono, S.H., S.Sos., M.Hum, mengenai persiapan akreditasi penjaminan mutu dan perubahan SK Ketua Pengadilan mengenai hakim Pengawas Bidang.

 

Des30

Pelantikan Panitera Muda Pidana, Tasdik S.H., M.H.

Kategori // Berita

Bogor, Jumat 30 Desember 2016 pada pukul 10.00 WIB bertempat di ruang Sidang Cakra, telah dilaksanakan Pengambilan Sumpah Jabatan dan PelantikanPanitera Muda Pidana Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B Tasdik, S.H., M.H. yang sebelumnya menjabat sebagai Panitera Muda Hukum pada Pengadilan Negeri Depok menggantikan Noverini, S.H., M.H. yang saat ini bertugas menjadi Panitera Muda Hukum pada Pengadilan Negeri Depok.

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H., acara dihadiri oleh perwakilan Keluarga Besar Pengadilan Negeri Depok, seluruh Hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Bogor serta tamu undangan.

Des22

Rapat Bulanan, Desember 2016

Kategori // Berita

Bogor, Kamis 22 Desember 2016 telah dilaksanakan rapat bulanan yang bertempat di ruang sidang Cakra kantor Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B. Rapat yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H. tersebut mengagendakan pembahasan hasil raihan akreditasi penjaminan mutu DIRJEN BADILUM. Dalam kesempatan tersebut beilau menyampaikan bahwa Pengadilan Negeri Bogor telah mendapatkan sertifikat akreditasi dengan kategori "B", yang artinya masih banyak yang harus ditingkatkan terutama dalam hal disiplin kerja dan peningkatan pelayanan.

Selain hal tersebut dibahas pula beberapa poin penting yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2017 antara lain adalah mekanisme penegakan disiplin, penyusunan laporan - laporan serta mekanisme peningkatan pelayanan publik dan pencapaian sasaran kinerja menjadi hal utama yang harus ditingkatkan dan diperbaiki pada masa yang akan datang.

Des09

Audit Eksternal Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Jawa Barat dan Dirjen BADILUM

Kategori // Berita

Bogor, Jumat 9 Desember 2016 Tim Auditor Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Jawa Barat dan Tim Auditor Akreditasi Penjaminan Mutu Direktorat Jendral Badan Peradilan Umum telah melaksanakan Audit Eksternal terhadap Kinerja pada Pengadilan Negeri Bogor. Audit bersama tersebut dilaksanakan dalam rangka penilaian kinerja Penjaminan Mutu Pengadilan Negeri Bogor.

Kegiatan yang dimulai dengan opening/entry meeting bertempat di ruang sidang Cakra diikuti oleh seluruh jajaran Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Bogor tersebut dilaksanakan dengan susunan acara sebagai berikut:

  1. Menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya";
  2. Sambutan Ketua Pengadilan Negeri Bogor Ibu Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H. ;
  3. Sambutan Ketua Tim Auditor Dirjen Badilum, Bapak Wahyudin, Drs., M.Si.;
  4. Sambutan Ketua Tim Auditor Pengadilan Tinggi Jawa Barat., Bapak Sir Johan, S.H., M.H.;
  5. Penandatanganan Pakta Integritas dan Kode Etik audit eksternal;
  6. Doa'
  7. Menyanyikan lagu wajib nasional "Bagimu Negeri";
  8. Penutupan opening/entry meeting

Kegiatan dilanjutkan dengan audit dengan metode tanya jawab dan pemeriksaan evidence dokumen terhadap 4 pilar Pengadilan Negeri Bogor yaitu Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H. (Ketua), H. Agung Sulistiyono, S.H., S.Sos., M.Hum. (Wakil Ketua), Hj. Ratu Hera K., S.H., M.H. (Panitera), dan Agus Muliawan, S.H. (Sekretaris).

Setelah dilaksanakan audit terhadap 4 pilar, kegiatan audit dilanjutkan dengan pemeriksaan kinerja terhadap seluruh unit/bagian pada Pengadilan Negeri Bogor yang terdiri dari:

  1. Kepaniteraan Perdata
  2. Kepaniteraan Pidana
  3. Kepaniteraan Hukum
  4. Sub Bagian Umum & Keuangan
  5. Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana, dan
  6. Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi, dan Pelaporan.

 

Setelah pemeriksaan terhadap semua bagian tim auditor melaksanakan rapat internal, hasil rapat tersebut disampaikan oleh ketua tim auditor Pengadilan Tinggi Jawa Barat Bapak Sir Johan, S.H., M.H. pada saat upacara penutupan dan penyampaian temuan hasil audit.

 

Nov25

Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran

Kategori // Berita

Bogor Jumat 25 November 2016, Pengadilan Negeri Bogor bekerjasama dengan BPBD Kota Bogor telah melaksanakan Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran, kegiatan tersebut diawali dengan sosialisasi materi tentang Kebakaran oleh Petugas BPBD Kota Bogor yang bertempat di Ruang Sidang Cakra.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ibu Narni Priska Faridayanti, S.H., M.H dan diikuti oleh peserta yang terdiri dari jajaran Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Bogor, turut hadir Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor H. Agung Sulistiyono, S.H., M.H.

Selanjutnya setelah pemberian materi dan pengembangan wawasan mengenai kebakaran dilaksanakan simulasi evakuasi dan penanganan kebakaran yang bertempat di halaman parkir Kantor Pengadilan Negeri Bogor.

 

Nov11

Asistensi Persiapan Akreditasi Penjaminan Mutu PN Bogor oleh Pengadilan Tinggi Jawa Barat

Kategori // Berita

Bogor, Jumat 11 November 2016 Pengadilan Negeri Bogor mendapatkan kunjungan dari tim asistensi persiapan penilaian Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Jawa Barat yang dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat Bapak Zaid Umar Bobsaid, S.H., M.H., dalam sambutannya WKPT Jawa Barat menyampaikan beberapa hal penting dalam rangka persiapan penilaian tersebut, antara lain adalah perlunya dukungan dari semua pihak dalam persiapan dan pelaksanaan akreditasi ini.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan asistensi dalam mempersiapkan dan penyusunan dokumen - dokumen yang akan dinilai, kegiatan ini diikuti oleh para hakim dan tim dokumen kontrol penjaminan mutu pelayanan Pengadilan Negeri Bogor

 

Nov02

Rapat Tinjauan Manajemen, Akreditasi Penjaminan Mutu PN Bogor

Kategori // Berita

Bogor, Selasa 2 Nopember 2016 bertempat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Bogor telah dilaksanakan Rapat Tinjauan Manajemen dalam rangka Akreditasi Penjaminan Mutu. Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor H. Agung Sulistiyono, S.H., S.Sos., M.Hum. sebagai Manager Representative Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Negeri Bogor sesuai dengan SK Ketua Pengadilan Negeri Bogor Nomor 34 Tahun 2016 tentang Pembentukan Tim Penjaminan Mutu Pengadilan Negeri Bogor.

Dalam rapat tersebut disampaikan mengenai pelaksanaan Audit Internal oleh tim auditor internal yang terdiri dari para Hakim dan Panitera Pengganti tentang apa saja yang menjadi temuan pada saat audit dan apa tindak lanjut dari hasil temuan tersebut.

Objek dari audit internal tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Kepatuhan unggah putusan pada SIPP dan Direktori Putusan
  2. Arsip Perkara
  3. Pelaksanaan Delegasi
  4. Pemberian Bantuan Hukum
  5. Pengelolaan Perpusatakaan
  6. Pelaksanaan tugas Sub Bagian Umum dan Keuangan
  7. Pelaksanaan tugas Kepaniteraan Pidana dan Wasmat
  8. Pelaksanaan Hubungan Masyarakat
  9. Pelaksanaan Pelayanan Publik
  10. Pelaksanaan tugas Kepaniteraan Hukum
  11. Pelaksanaan tugas Panitera Pengganti
  12. Pelaksanaan eksekusi dan kejurusitaan
  13. Pelaksanaan tugas Sub Bagian PTIP, dan
  14. Penganganan Tindak Pidana LLAJ

 

Okt18

Peningkatan Kinerja Kejurusitaan Pada Pengadilan Negeri Bogor

Kategori // Berita

Bogor, Selasa 18 Oktober 2016 bertempat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Bogor telah dilaksanakan kegiatan "Peningkatan Kinerja Kejurusitaan" yang ditujukan untuk meningkatkan kinerja para Jurusita dan Jurusita Pengganti yang ada pada Pengadilan Negeri Bogor.

Kegiatan ini dipandu oleh Panmud Perdata Agus Sardjianto, S.H., S.Kom., M.H., dengan narasumber H. Agung Sulistiyono, S.H., S.Sos., M.Hum. (Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor), Abdi Dinata Sebayang, S.H., M.H. (Hakim), Arya Putra Negara Kutawaringin, S.H., M.H. (Hakim). Turut hadir dalam acara tersebut Panitera Pengadilan Negeri Bogor Hj. ratu Hera K., S.H., M.H. dan Hakim Pengawas Kejurusitaan Hj. Siti Yuristiya Akuan, S.H., M.H.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Wakil Ketua PN Bogor dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para narasumber, setelah materi disampaikan kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan sharing dengan para Jurusita dan Jurusita Pengganti mengenai saran, masukan, dan penyampaian kendala pada saat pelaksanaan tugas kejurusitaan.

 

<<  1 2 3 [45  >>  

Pengadilan Negeri Bogor
Jalan Pengadilan No.10
Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia 

+62 251 8323 121
+62 251 8323 190
surat@pn-bogor.go.id

© 2011 - 2018 Pengadilan Negeri Bogor