Berita

Nov11

Sosialisasi SOP, SAKIP, Pengisian SKP, dan Blue Print MA-RI

Kategori // Berita

Bogor, Jumat 11 November 2016 pukul 13.00 bertempat di ruang sidang Cakra kantor Pengadilan Negeri Bogor telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi beberapa program dan acuan kerja pada Pengadilan Negeri Bogor, hal - hal yang disosialisasikan antara lain adalah :

  1. Standard Operating Procedure (SOP)
  2. Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)
  3. Pengisian data Sasaran Kinerja Pegawai (SKP)
  4. dan Blue Print Mahkamah Agung 2010-2035

Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka dan dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H. Dalam sambutannya beliau mengharapkan bahwa dengan adanya sosialisasi tersebut dapat meningkatkan kualitas dan kinerja masing - masing pegawai khususnya dan kinerja Pengadilan Negeri Bogor pada umumnya.

Nov07

Komitmen Bersama Pengadilan Negeri Bogor dalam Menerapkan Akreidtasi Penjaminan Mutu untuk Membangun Zona Integritas dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani

Kategori // Berita

Senin 7 Nopember 2016 Pengadilan Negeri Bogor telah menyatakan komitmen bersama seluruh warga Pengadilan Negeri Bogor dalam menerapkan Akreditasi Penjaminan Mutu untuk membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor Hj. Tenri Muslinda, dalam sambutannya beliau berpesan untuk bekerja keras bersama dan berkomitmen bersama untuk mewujudkan hal - hal tersebut.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen Bersama yang diawali oleh Ketua Pengadilan kemudian Wakil Ketua Pengadilan H. Agung Sulistiyono, S.H., S.Sos., M.Hum. diikuti oleh para Hakim dan seluruh pegawai Pengadilan Negeri Bogor.

 

Okt26

Sosialisasi Sistem Informasi Pengawasan (SIWAS) Mahkamah Agung RI

Kategori // Berita

Bogor, Rabu 26 Oktober 2016 telah dilaksanakan sosialisasi dan bimbingan teknis pengunaan Aplikasi Sistem Informasi Pengawasan (SIWAS) / Whistleblowing System Mahkamah Agung RI, kegiatan ini dibuka oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H. dalam sambutannya Ketua menyampaikan harapannya dengan adanya aplikasi tersebut dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan pada Pengadilan Negeri Bogor.

Setelah sambutan diberikan dilanjutkan dengan pemaparan gambaran secara umum mengenai SIWAS tersebut baik mengenai sistem dan teknis penggunaan oleh tim pengembang aplikasi dan stakeholder yang terdiri dari tim SUSTAIN, EU-UNDP dan Badan Pengawasan Mahakamah Agung RI.

Setelah pemaparan dilanjutkan dengan bimibingan teknis kepada Panmud Hukum, Operator Meja Pengaduan dan Staf IT PN Bogor dalam mengelola keluhan yang disampaikan menggunakan aplikasi SIWAS tersebut.

Okt12

Sosialisasi SIWAS Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI dan Rapat Persiapan Lanjutan Audit Kinerja BPK

Kategori // Berita

Bogor, Rabu 12 Oktober 2016 bertempat di Ruang Sidang Cakra kantor Pengadilan Negeri Bogor ketua Pengadilan Negeri Bogor Hj. Tenri Muslinda S.H., M.H. telah memimpin pelaksanaan sosialisasi SIWAS Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari rapat sosialisasi pada Pengadilan Tinggi Jawa Barat Jumat, 07 Oktober 2016.

Selain sosialisasi tersebut Ketua Pengadilan menyampaikan amanat mengenai peningkatan kinerja melalui impelemtasi dan tertib administrasi antara lain pelaporan, biaya perkara, dan kebersihan lingkungan kantor Pengadilan dikarenakan dalam waktu dekat akan dilaksanakan audit kinerja lanjutan dari BPK.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan pencapaian dan pembenahan infrasturktur fasilitas antara lain adalah pembenahan ruangan arsip dan perpustakaan Pengadilan Negeri Bogor.

Ditambahkan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor H. Agung Sulistiyono, S.H., S.Sos., M.Hum, mengenai persiapan akreditasi penjaminan mutu dan perubahan SK Ketua Pengadilan mengenai hakim Pengawas Bidang.

 

Sep30

Uji Coba Sidang Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Sistem Loket Terpadu

Kategori // Berita

Jumat, 30 September 2016 Pengadilan Negeri Bogor telah memulai uji coba pelayanan Sidang Pelanggaran Lalu - Lintas (Tilang) dengan menggunakan sistem loket terpadu dalam rangka meningkatakan pelayanan publik dan mendukung pengisian data dan publikasi secara transparan dan berbasis teknologi tepat guna, serta pelayanan satu meja dalam proses penanganan administrasi Pidana Pelanggaran Lalu - Lintas dan Angkutan Jalan pada Pengadilan Negeri Bogor.

Kegiatan tersebut dipantau langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor Ibu Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H., meskipun masih dalam tahap uji coba diharapkan sistem penanganan Pidana Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ini akan terus ditingkatkan dan dikembangkan dengan memegang prinsip yang berorientasi kepada pelayanan publik. (Humas)

Sep02

Pertandingan Olahraga Persahabatan

Kategori // Berita

Bogor, Jumat 2 September 2016 telah dilaksanakan pertandingan olahraga persahabatan yang digelar dilingkungan kantor Pengadilan Negeri Bogor, pertandingan tersebut diikuti oleh 3 satker badan peradilan umum yaitu Pengadilan Negeri Bogor yang bertindak sebagai tuan rumah, Pengadilan Negeri Sukabumi, dan Pengadilan Negeri Cibadak. Kegiatan ini digagas untuk mempererat silaturahim dan membina hubungan kerjasama yang lebih baik antar ketiga satker.

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor Hj. Tenri Muslinda, S.H., turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Pengadilan Negeri Sukabumi Ny. Lendriaty Janis, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Negeri Cibadak Edy Pramono, S.H., M.H. dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Cibadak Paskatu Hadinata, S.H., M.H., setelah upacara pembukaan, acara dibuka secara simbolis oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H.

 

Cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain adalah: Bola Voli, Tenis Meja, dan Gapleh, berikut hasil liputan kegiatan yang telah dilaksanakan.

 

Agu19

Upacara Peringatan Hari Jadi Mahkamah Agung ke-71

Kategori // Berita

Bogor, Jum’at 19 Agustus 2016 merupakan hari yang bersejarah bagi Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya, tanggal tersebut merupakan Hari Jadi Mahkamah Agung, dalam rangka memperingati hal tersebut, Pengadilan Negeri Bogor dengan Pengadilan Agama Bogor sesuai dengan Surat Plt Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 172 -2/SEK/KU.01/8/2016 telah melaksanakan Upacara Bendera yang di Pimpin langsung Ketua Pengadilan Negeri Bogor Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H. bertempat di lapangan upacara Kantor Pengadilan Negeri Bogor. Dengan diikuti oleh Ketua Pengadilan Agama Bogor DR., Drs. H. Sirajudin Sailellah, S.H., M.H., Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor H. Agung Sulistiyono, S.H., S.Sos.M.Hum., Wakil Ketua Pengadilan Agama Bogor Drs. H. Muslikin S.H., para Hakim Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Bogor, para Pejabat Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Bogor, dan seluruh pegawai pada lingkungan Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Bogor.

Prosesi upacara diawali dengan penghormatan umum kepada Pembina Upacara kemudian laporan Pemimpin Upacara kepada Pembina Upacara di lanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera.

Mengheningkan cipta di pimpin  Pembina Upacara, dilanjutkan dengan pembacaan naskah Pancasila yang di ikuti oleh seluruh peserta upacara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Pembacaan amanat tertulis Ketua Mahkamah Agung RI oleh Pembina Upacara dengan tema "PENGUATAN AKUNTABILITAS PERADILAN DALAM RANGKA MENGGAPAI KEMBALI KEPERCAYAAN PUBLIK". Dalam amanat tertulis tersebut ditegaskan bahwa dalam era negara demokrasi modern saat ini, kepercayaan publik/masyarakat terhadap lembaga publik sangatlah penting. Kepercayaan masyarakat sebagai pemegang kedaulatan negara kepada lembaga peradilan sudah sepatutnya dibalas dengan kinerja yang amanah dengan menunjukkan kinerja yang profesional dan berintegritas.

Setelah pembacaan amanat tertulis dilanjutkan dengan pembacaan Doa, upacara selesai peserta dibubarkan dan seluruh peserta upacara yang merupakan keluarga besar Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Bogor melanjutkan acara ramah tamah dan berfoto bersama.

Petugas Upacara:

  1. Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H. (Pembina Upacara)
  2. Muhammad Sidik (Pemimpin Upacara)
  3. Nurjaya (Pengibar Bendera Merah Putih)
  4. Agnasia Marliana Tubalawony, S.H. (Pengibar Bendera Merah Putih)
  5. Dudi Gusmawan, S.H. (Pengibar Bendera Merah Putih)
  6. Asep Saepudin, S.Hi. (Pembaca Teks PANCASILA)
  7. Ahmad Rifany, S.H. (Pembaca Pembukaan UUD 1945)
  8. Drs. H. Dedih Marjuki (Pembaca Doa')
  9. Suryani, S.H. (Pembawa Acara)

 

Agu08

Sosialisasi PERMA No. 7, 8, 9 Tahun 2016

Kategori // Berita

Bogor, Senin 8 Agustus 2016 bertempat di ruang sidang Cakra telah dilaksanakan sosialisasi PERMA sebagai berikut:

  1. PERMA No. 7 Tahun 2016 tentang Penegakan Disiplin Kerja Hakim Pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada Dibawahnya;
  2. PERMA No. 8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada Dibawahnya;
  3. PERMA No. 9 Tahun 2016 Tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (Whistleblowing System) di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada Dibawahnya;

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua PN Bogor Ibu Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H. yang merupakan tindak lanjut dari hasil rapat sosialisasi pada hari Kamis tanggal 4 agustus 2016 yang dilaksanakan di Pengadilan Tinggi Jawa Barat.

Ketua Pengadilan Negeri Bogor hari ini mensosialisasikan Perma tersebut diatas dihadapan para Hakim, pejabat struktural dan pegawai Pengadilan Negeri Bogor;

Setelah sosialisasi dilaksanakan Ketua menghimbau dan menginstruksikan untuk terus meningkatkan kinerja melalui peningkatan kedisiplinan.

Nov11

Asistensi Persiapan Akreditasi Penjaminan Mutu PN Bogor oleh Pengadilan Tinggi Jawa Barat

Kategori // Berita

Bogor, Jumat 11 November 2016 Pengadilan Negeri Bogor mendapatkan kunjungan dari tim asistensi persiapan penilaian Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Jawa Barat yang dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat Bapak Zaid Umar Bobsaid, S.H., M.H., dalam sambutannya WKPT Jawa Barat menyampaikan beberapa hal penting dalam rangka persiapan penilaian tersebut, antara lain adalah perlunya dukungan dari semua pihak dalam persiapan dan pelaksanaan akreditasi ini.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan asistensi dalam mempersiapkan dan penyusunan dokumen - dokumen yang akan dinilai, kegiatan ini diikuti oleh para hakim dan tim dokumen kontrol penjaminan mutu pelayanan Pengadilan Negeri Bogor

 

Nov02

Rapat Tinjauan Manajemen, Akreditasi Penjaminan Mutu PN Bogor

Kategori // Berita

Bogor, Selasa 2 Nopember 2016 bertempat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Bogor telah dilaksanakan Rapat Tinjauan Manajemen dalam rangka Akreditasi Penjaminan Mutu. Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor H. Agung Sulistiyono, S.H., S.Sos., M.Hum. sebagai Manager Representative Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Negeri Bogor sesuai dengan SK Ketua Pengadilan Negeri Bogor Nomor 34 Tahun 2016 tentang Pembentukan Tim Penjaminan Mutu Pengadilan Negeri Bogor.

Dalam rapat tersebut disampaikan mengenai pelaksanaan Audit Internal oleh tim auditor internal yang terdiri dari para Hakim dan Panitera Pengganti tentang apa saja yang menjadi temuan pada saat audit dan apa tindak lanjut dari hasil temuan tersebut.

Objek dari audit internal tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Kepatuhan unggah putusan pada SIPP dan Direktori Putusan
  2. Arsip Perkara
  3. Pelaksanaan Delegasi
  4. Pemberian Bantuan Hukum
  5. Pengelolaan Perpusatakaan
  6. Pelaksanaan tugas Sub Bagian Umum dan Keuangan
  7. Pelaksanaan tugas Kepaniteraan Pidana dan Wasmat
  8. Pelaksanaan Hubungan Masyarakat
  9. Pelaksanaan Pelayanan Publik
  10. Pelaksanaan tugas Kepaniteraan Hukum
  11. Pelaksanaan tugas Panitera Pengganti
  12. Pelaksanaan eksekusi dan kejurusitaan
  13. Pelaksanaan tugas Sub Bagian PTIP, dan
  14. Penganganan Tindak Pidana LLAJ

 

Okt18

Peningkatan Kinerja Kejurusitaan Pada Pengadilan Negeri Bogor

Kategori // Berita

Bogor, Selasa 18 Oktober 2016 bertempat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Bogor telah dilaksanakan kegiatan "Peningkatan Kinerja Kejurusitaan" yang ditujukan untuk meningkatkan kinerja para Jurusita dan Jurusita Pengganti yang ada pada Pengadilan Negeri Bogor.

Kegiatan ini dipandu oleh Panmud Perdata Agus Sardjianto, S.H., S.Kom., M.H., dengan narasumber H. Agung Sulistiyono, S.H., S.Sos., M.Hum. (Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor), Abdi Dinata Sebayang, S.H., M.H. (Hakim), Arya Putra Negara Kutawaringin, S.H., M.H. (Hakim). Turut hadir dalam acara tersebut Panitera Pengadilan Negeri Bogor Hj. ratu Hera K., S.H., M.H. dan Hakim Pengawas Kejurusitaan Hj. Siti Yuristiya Akuan, S.H., M.H.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Wakil Ketua PN Bogor dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para narasumber, setelah materi disampaikan kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan sharing dengan para Jurusita dan Jurusita Pengganti mengenai saran, masukan, dan penyampaian kendala pada saat pelaksanaan tugas kejurusitaan.

 

Okt07

[Berita Foto] Lanjutan Uji Coba Sidang Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Sistem Loket Terpadu

Kategori // Berita

Pelayanan pendaftaran sidang tilang sistem loket

Pelayanan pendaftaran sidang tilang (1)

Pelayanan pendaftaran sidang tilang (2)

Pelayanan pendaftaran sidang tilang (3)

Pelasksanaan Sidang Tilang

Pembayaran denda dan pengambilan barang bukti pada loket Kejasaan Negeri Bogor

  

Surat Tilang yang telah distempel jumlah denda

Sep13

Pemotongan Hewan Kurban Idul Adha 1437 H di Lingkungan PN Bogor

Kategori // Berita

Bogor, Selasa 13 September 2016 dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1437 H. telah dilaksanakan pemotongan hewan kurban yaitu seekor sapi dan seekor kambing, hewan tersebut merupakan kurban dari Pimpinan, Hakim, dan Keluarga Pengadilan Negeri Bogor. Secara simbolis hewan kurban diserahkan oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor Ibu Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H. kepada Ketua Panitia Hendra Halomoan, S.H., M.H. Setelah dilakukan pemotongan, daging kurban didistribusikan kepada kaum dhuafa yang berada di lingkungan Pengadilan Negeri Bogor.

Agu25

Rapat Bulanan, Bulan Agustus 2016

Kategori // Berita

Bogor, Kamis 25 Agustus 2016 telah dilaksanakan Rapat Bulanan yang bertempat di Ruang Sidang Cakra kantor Pengadilan Negeri Bogor. Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor Hj. Tenri Muslinda S.H., M.H.. Hadir pula dalam rapat tersebut Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor H. AGung Sulistiyono, S.H., S.Sos., M.Hum., Panitera Pengadilan Negeri Bogor Ratu Hera K., S.H., M.H., Sekretaris Pengadilan Neger Bogor Agus Muliawan, S.H., para Hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Bogor.

Pada kesempatan tersebut Ketua Pengadilan Negeri Bogor berpesan dan akan terus mengingatkan mengenai disiplin kerja dan integritas sebagai Aparatur Sipil Negara demi menjaga nama baik pribadi, satker dan Mahkamah Agung, setelah menyampaikan pesan tersebut dibacakan laporan tertulis dari setiap Hakim Pengawas Bidang beserta saran untuk penyelesaian permasalahan yang ditemukan.

Selain itu disampaikan pula hasil pemeriksaan pendahuluan dari BPK RI yang berlangsung mulai tanggal 22 - 24 Agustus lalu, dan persiapan untuk pelaksanaan akreditasi pada PN Bogor.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pengumuman hasil pemilihan Role Model Pengadilan Negeri Bogor 2016, Pemberian Penghargaan Satya Lancana Karya Satya, dan Pengumuman Pemenang Penataan Ruangan Terbaik 2016.

Penghargaan Satya Lancana Karya Satya diberikan Kepada:

  • XX tahun Agus Muliawan, S.H. (Sekretaris)
  • X tahun Annisa Bridgestirana, S.H., M.H. (Hakim)
  • X tahun Agus Sardjianto S.H., S.Kom., M.H. (Panitera Muda Perdata)
  • X tahun M. Ibrahim Aliuddin, S.H. (Jurusita)

 

Role Model Pengadilan Negeri Bogor 2016:

  • Dwi Heri Saputra (Role Model Staf)
  • Agnasia Marliana Tubalawony, S.H. (Role Model Panitera Pengganti)
  • Arya Putranegara Kutawaringin, S.H., M.H. (Role Model Hakim)

Juara penataan ruangan tahun 2016:

  1. R. Kepaniteraan Pidana
  2. R. Hakim 2
  3. R. Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana

Diumumkan pula bahwa pada hari Jumat tanggal 2 September Pengadilan Negeri Bogor akan menjadi tuan rumah pertandingan olahraga persahabatan antara PN Bogor, PN Sukabumi Kota, dan PN Cibadak Kabupaten Sukabumi

Agu17

Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71

Kategori // Berita

Bogor, Rabu 17 Agustus 2016 bertempat di lapangan upacara Kantor Pengadilan Negeri Bogor telah dilaksanakan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71. Upacara dimulai tepat pukul 07.00 WIB, bertindak sebagai Inspektur Upacara Ketua Pengadilan Negeri Bogor Hj. Tenri Muslinda, S.H., M.H. Upacara tersebut dipimpin oleh Komandan Upacara Muhammad Sidik (Panitera Pengganti) dengan susunan acara sebagai berikut:

  1. Inspektur Upacara memasuki lapangan Upacara
  2. Penghormatan Umum kepada Inspektur Upacara
  3. Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara
  4. Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, Penghormatan dipimpin oleh Komandan Upacara
  5. Mengheningkan Cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara
  6. Pembacaan Teks PANCASILA, diikuti seluruh peserta upacara
  7. Pembacaan Pembukaan UUD 1945
  8. Pembacaan naskah Proklamasi oleh Inspektur Upacara
  9. Pembacaan Doa
  10. Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara
  11. Penghormatan Umum kepada Inspektur Upacara
  12. Inspektur Upacara berkenan meninggalkan mimbar upacara
  13. Upacara selesai, Komandan Upacara membubarkan pasukannya.

Upacara tersebut diikuti oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor H. Agung Sulistiyono, S.H., M.H., Para Pejabat Struktural, Hakim - Hakim, dan seluruh Pegawai Pengadilan Negeri Bogor.

Para Petugas Upacara:

  1. Muhammad Sidik (Komandan Upacara)
  2. Nurjaya (Pengibar Bendera Merah Putih)
  3. Agnasia Marliana Tubalawony, S.H. (Pengibar Bendera Merah Putih)
  4. Dudi Gusmawan, S.H. (Pengibar Bendera Merah Putih)
  5. Thorico Monada, A.Md. (Pembaca Teks PANCASILA)
  6. Ralim, S.H. (Pembaca Pembukaan UUD 1945)
  7. Suryani, S.H. (Pembawa Acara)
  8. M. Arifin (Pembaca Doa')

Setelah Upacara selesai, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang dilaksanakan di Ruangan Sidang Cakra, acara tersebut meruipakan simbol ungkapan rasa syukur atas nikmat kemerdekaan yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa dan telah diperjuangkan oleh para pahlawan pejuang kemerdekaan.

<<  1 2 3 4 [56  >>  

Pengadilan Negeri Bogor
Jalan Pengadilan No.10
Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia 

+62 251 8323 121
+62 251 8323 190
surat@pn-bogor.go.id

© 2011 - 2018 Pengadilan Negeri Bogor