Okt29

Pengadilan Negeri Bogor mengadakan acara Sosialisasi e-Court

Kategori // Berita

Pengadilan Negeri Bogor mengadakan acara Sosialisasi e-Court

(Bogor-admin) Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B mengadakan acara Sosialisasi e-Court Mahkamah Agung RI yang diadakan di Hotel Royal Padjajaran Bogor pada tanggal 26 Oktober 2018. acara tersebut dibuka oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B, H. Ridwan, SH., MH. yang sekaligus menjadi pembicara pada acara tersebut. Hadir juga pembicara lainnya, yaitu dari Bank BTN cabang Bogor yang menjadi rekening tempat virtual account e-court Pengadilan Negeri Bogor dalam hal ini dibawakan oleh bapak Slamet Riyadi selaku Kepala cabang Bank BTN kota Bogor. dan juga ketua PERADI kota Bogor, Rusmin Wijaya, SH.

Acara tersebut dihadiri oleh 100 peserta yang semuanya merupakan advokat kota Bogor. dalam acara tersebut dilakukan simulasi mendaftar di sistem e-court Mahkamah Agung RI dan juga dilakukan sesi tanya jawab. para peserta terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi ini dengan banyaknya pertanyaan yang timbul dari para peserta.

Aplikasi e-court Mahkamah Agung RI merupakan aplikasi terbaru Mahkamah Agung RI yang didalamnya terdiri dari tiga komponen utama yaitu :

e-Filling

Pendaftaran perkara online dilakukan setelah terdaftar sebagai pengguna terdaftar dengan memilih Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, atau Pengadilan TUN yang sudah aktif melakukan pelayanan e-Court. Semua berkas pendaftaran dikirim secara elektronik melalui aplikasi e-Court Makamah Agung RI.

e-Payment

Untuk kelancaran dalam mendukung program e-Court Mahkamah Agung RI bekerja sama dengan Bank Pemerintah dalam hal manajemen Pembayaran Biaya Panjar Perkara . Dalam Hal ini Bank yang telah ditunjuk menyediakan Virtual Account (Nomor Pembayaran) sebagai sarana pembayaran kepada Pengadilan tempat mendaftar perkara. hingga saat ini ada 7 Bank pemerintah yang mendukung pembayaran sistem e-court MA, yaitu :

Bank BRI

Bank BNI46

Bank Mandiri

Bank BTN

Bank BRI Syariah

Bank BNI Syariah

bank Mandiri Syariah

e-Summons

Yaitu panggilan kepada para pihak yang dilakukan secara elektronik. panggilan akan dilakukan melalui e-mail ke alamat e-mail masing-masing para pihak yang berperkara.

 

Pengadilan Negeri Bogor
Jalan Pengadilan No.10
Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia 

+62 251 8323 121
+62 251 8323 190
surat@pn-bogor.go.id

© 2011 - 2018 Pengadilan Negeri Bogor