• Home
  • Berita
  • Berita dan Pengumuman Satker

Berita

Jul08

Pelantikan Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B

Kategori // Berita

Pada hari Jum'at, 3 Juli 2020 bertempat di kantor Pengadilan Tinggi Bandung, Ketua Pengadilan Negeri Bogor yang baru, Dr. Nenny Yulianny, SH., M.Kn resmi dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Bandung, Bapak H. Abdul Kadir, SH., MH.

Ibu Nenny resmi menggantikan posisi H. Ridwan, SH., MH. yang dipromosikan menjadi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Sungguminasa Kelas I A. sebelum menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Bogor, Ibu Nenny menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Depok Kelas I B. acara pelantikan dan serah terima jabatan tersebut, berlangsung mengikuti protokol kesehatan pencegahan virus COVID-19.

Selamat Bertugas di Pengadilan Negeri Bogor, Ibu Nenny.

 

Jun26

Pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas IB

Kategori // Berita

(Bogor/admin) Pada hari Jum'at, 26 Juni 2020, Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B, H. Ridwan, SH., MH. melantik Syamsul Arief, SH., MH. menjadi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B. Pelantikan yang diadakan di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Bogor berjalan secara lancar dan menggunakan konsep kekinian, konsep yang dimaksud adalah acara pelantikan tersebut disiarkan secara langsung di Channel Youtube Pengadilan Negeri Bogor, penggunaan spanduk digital serta mengurangi interaksi melalui media cetak.

Bapak Syamsul Arief, SH., MH. sebelumnya menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Gunung Sugih dan mendapat promosi sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor melalui Hasil Tim Promosi Mutasi (TPM) pada tanggal 16 April 2020 menggantikan Wakil Ketua sebelumnya, Agus Hamzah, SH, MH. yang juga dipromosikan menjadi Ketua Pengadilan Negeri Subang Kelas I B.

 

Acara berlangsung menggunakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti pembatasan tamu yang dapat masuk ke tempat acara, penggunaan masker untuk semua orang, pengecekan suhu tubuh dan konsumsi yang tidak menggunakan prasmanan untuk mencegah penularan virus Covid-19.

 

 

Mei18

Pembagian Parcel Hari raya Idul Fitri Kepada ASN Golongan II dan PPNPN

Kategori // Berita

Ketua Pengadilan Negeri Bogor, H. Ridwan, SH., MH. beserta Wakil Ketua, Paniterda dan Sekretaris membagikan parcel Hari Raya Idul Fitri 1441H kepada ASN Golongan II Pengadilan Negeri Bogor dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN).

 

Mei14

Pengadilan Negeri Bogor Lakukan Teleconference Dengan Pengadilan Negeri Palembang Dalam Pemeriksaan Saksi Perkara Perdata

Kategori // Berita

(Bogor/admin)

Pada Hari Selasa, 12 Mei 2020 bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Bogor melakukan teleconference dengan Pengadilan Negeri Palembang dalam sidang perdata nomor 210/Pdt.G/2019/PN Bgr yang beragendakan pemeriksaan Saksi. Pemeriksaan saksi digelar secara teleconference mengingat salah satu saksi yang dihadirkan oleh salah satu pihak berdomisili di Palembang. mengingat protokol pencegahan virus Covid-19 yang melarang oarang berpergian antar daerah, dan persidangan harus tetap dilakukan, sarana teleconference menjadi sangat berguna.

Pemeriksaan saksi tersebut berjalan dengan prosedur mengikuti Perma Nomor 1 Tahun 2019 tentang Persidangan Elektronik. yaitu dengan cara Saksi hadir ke Pengadilan terdekat dimana dia berada, kemudian disumpah oleh Juru Sumpah Pengadilan tersebut. hal ini dilakukan untuk menjalankan proses persidangan yang cepat, murah dan berbiaya ringan.

Pengadilan Negeri Bogor mengucapkan terima kasih kepada Pengadilan Negeri Palembang yang telah berkoordinasi dengan baik atas jalannya sidang teleconference ini. Para pihak dalam perkara perdata tersebut juga tidak ada keberatan atas jalannya sidang pemeriksaan saksi yang dilaksanakan secara teleconference tersebut.

Apr13

Live Youtube Sidang Pengadilan Negeri Bogor

Kategori // Berita

Dalam masa Darurat Corona Virus Disease (COVID-19), Pengadilan Negeri Bogor melakukan sidang secara teleconference untuk perkara Pidana bersama Kejaksaan Negeri Kota Bogor dan Lembaga Pemasyarakatan Kota Bogor. Anda dapat menonton sidang perkara Pidana yang kami siarkan secara live di Youtube di channel Pengadilan Negeri Bogor dengan mengklik logo dibawah ini

Mar25

Pengadilan Negeri Bogor Lakukan Penyemprotan Disinfektan untuk Mencegah Virus COVID-19

Kategori // Berita

Pengadilan Negeri Bogor Lakukan Penyemprotan Disinfektan untuk Mencegah Virus COVID-19

 

 

Mar25

Pengadilan Negeri Pariaman Lakukan Studi Banding Pada Pengadilan Negeri Bogor Kelas IB

Kategori // Berita

 

Pengadialn Negeri Pariaman Lakukan Studi Banding Pada Pengadilan Negeri Bogor

 

Pada tanggal 18 Maret 2020, Tim dari Pengadilan Negeri Pariaman yang terdiri dari Ketua Pengadilan Negeri Pariaman, Sekretaris, Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan serta Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan Pengadilan Negeri Pariaman melakukan Studi Banding Penerapan Ruang Persidangan Modern pada Pengadilan Negeri Bogor.

Studi Banding ini bertujuan untuk mempelajari penerapan dan penggunaan alat-alat yang digunakan pada Ruang Sidang Digital milik Pengadilan Negeri Bogor. Pada saat kunjungan, tim dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor, H. Ridwan, SH, MH. dan juga Sekretaris Pengadilan Negeri Bogor, Agung Tri Mardiyanto, SH, MH.

Ruang Sidang Digital milik Pengadilan Negeri Bogor adalah Ruang Sidang pertama di Indonesia yang menerapkan digital court atau Persidangan Digital. Persidangan Digital sendiri meliputi video conference, digital display di ruang sidang, real time display visualizer dan meja majelis hakim yang masing-masing dilengkapi oleh komputer tersendiri untuk menampilkan tampilan komputer pada layar utama.

 

Jul08

Pelepasan Hakim dan Pegawai yang Promosi dan Mutasi

Kategori // Berita

Tanggal 26 Juni 2020, di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Bogor, dilakukan acara pelepasan Hakim dan Pegawai yang Promosi atau Mutasi serta Pegawai yang Pensiun pada tahun 2020. semuanya berjumlah 12 (duabelas) orang. Keduabelas orang tersebut adalah :

1. H. Ridwan, SH., M.H. (Ketua Pengadilan Negeri Bogor menjadi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Sungguminasa)

2. Agus Hamzah, SH., MH. (Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bogor menjadi Ketua Pengadilan Negeri Subang)

3. RR. Dewi Lestari Nuroso, SH., MH. (Hakim Pengadilan Negeri Bogor menjadi Hakim Pengadilan Negeri Bengkulu)

4. Narni Priska Faridayanti, SH., MH. (Hakim Pengadilan Negeri Bogor menjadi Hakim Pengadilan Negeri Pontianak)

5. Junita Beatrix Ma'i, SH., MH. (Hakim Pengadilan Negeri Bogor menjadi Hakim Pengadilan Negeri Kepanjen)

6. Sugandi Syarif, SH., MH. (Panitera Muda Pidana Pengadilan Negeri Bogor menjadi Panitera Muda Pidana Pengadilan Negeri Serang)

7. Ida Lestari, SH., MH. (Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Bogor menjadi Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Cibinong)

8. Irshanty Meisita Ilma, SH., MH. (Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Bogor menjadi Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Cibinong)

9. Niluh Tuti Lestaro, SH (Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Bogor menjadi Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Depok)

10. Edi Sofyan, SH (Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Bogor menjadi Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Depok)

11. Herri Astuti, SH., MH. (Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Bogor - Pensiun)

12. Suhendi (Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Bogor - Pensiun)

Untuk Hakim dan Pegawai yang tidak hadir ke acara tersebut tetap mengikuti acara tersebut yang juga diselenggarakan secara teleconference menggunakan aplikasi ZOOM.

 

Mei14

Walaupun Pandemi COVID-19, Mediasi di Pengadilan Negeri Bogor Tetap Jalan Dengan Cara Teleconference

Kategori // Berita

(Bogor/admin)

Wabah Corona Virus Disease 2019 atau disebut COVID-19 membatasi pergerakan orang agar tidak berpergian keluar rumah supaya virus Covid-19 tidak cepat menyebar. termasuk di beberapa daerah melaksanakan peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hal tersebut tentunya menjadi masalah tersendiri didalam dunia persidangan yang mana didalam suatu ruangan atau acara persidangan banyak menghadirkan banyak orang.

Dalam perkara perdata, ada upaya mediasi yang harus ditempuh untuk merukunkan dua pihak yang bersengketa atau berperkara yaitu dengan cara mempertemukan keduabelah pihak dengan Hakim Mediator sebagai penengah. tapi bagaimana bila dalam situasi wabah Covid-19 ini yang mana tidak memungkinkan mengumpulkan orang untuk melaksanakan mediasi? Mediasi secara teleconference jawabannya.

Perkara perdata nomor 11/Pdt.G/2019/PN Bgr menjadi contohnya, mediasi tetap harus dilaksanakan walaupun dengan cara teleconference. Hakim Mediator Sri Nuryani, SH melakukan mediasi dengan bermodalkan laptop dengan para pihak yang berperkara. acara mediasi juga berjalan lancar tanpa ada masalah ataupun komplain dari salah satu pihak. para pihak tetap merasa seperti bermediasi seperti biasa dan tetap mengikuti upaya-upaya yang diarahkan oleh Hakim Mediator.

 

Video Mediasi dapat dilihat pada Channel Youtube Pengadilan Negeri Bogor di link berikut

Mei06

Ombudsman RI Kunjungi Pengadilan Negeri Bogor Untuk Pantau Situasi Persidangan Selama Masa Pandemi COVID-19

Kategori // Berita

(Bogor/admin)

Pada hari Rabu, 6 Mei 2020 Tim dari Ombudsman RI yang diketuai Prof. Adrianus Meliala beserta rombongan berkunjung ke Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B. Kunjungan ini tetap dilakukan pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk meninjau sejauh mana pelaksanaan persidangan yang ada di Pengadilan Negeri Bogor ditengah masa Pandemik COVID-19. Kunjungan Didampingi oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor, H. Ridwan, SH., MH. dan Sekretaris Pengadilan Negeri Bogor, Agung Tri Mardiyanto, SH.

Sejak penerapan PSBB, Pengadilan Negeri Bogor telah menerapkan sidang secara daring atau teleconference bersama Kejaksaan Negeri Kota Bogor dan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kota Bogor. dengan memiliki peralatan yang ada, Ketua Rombongan Ombudsman RI menilai bahwa Pengadilan Negeri Bogor lebih maju dibandingkan oleh Pengadilan Negeri lain dengan berbagai fasilitas di ruang sidang utama yang sangat membantu pihak-pihak yang terkait persidangan.

Sidang secara daring atau online pada Pengadilan Negeri Bogor juga telah dibuat secara live atau disiarkan langsung di Youtube melalui channel PN BOGOR. sehingga masyarakat dapat menonton jalannya persidangan yang ada di Pengadilan Negeri Bogor cukup dari gadget mereka masing-masing tanpa harus datang ke Pengadilan.

Pengadilan Negeri Bogor telah menerapkan social distancing pada kantor Pengadilan Negeri Bogor, himbauan untuk cuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk ke Pengadilan serta kewajiban menggunakan Masker untuk semua orang termasuk pegawai Pengadilan sendiri dan juga membatasi pengunjung yang datang ke Pengadilan demi pematuhan PSBB.

Mar30

Pengadilan Negeri Bogor Adakan Sidang Teleconference Bersama Kejaksaan dan LAPAS Kota Bogor

Kategori // Berita

 Pengadilan Negeri Bogor Lakukan Sidang Teleconference

Dalam menghadapi tantangan agar menerapkan social distancing dan mengurangi berinteraksi kepada orang lain di masa penyebaran Virus Corona atau COVID-19 yang semakin mewabah, Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B bersama Kejaksaan Negeri Kota Bogor dan Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kota Bogor melakukan sidang secara teleconference menggunakan aplikasi ZOOM.

Sidang Secara online tersebut digelar di masing-masing kantor instansi, sehingga baik Jaksa Penuntut Umum (JPU) ataupun terdakwa tidak lagi berkumpul bersama para Majelis Hakim di Ruang Sidang. Pada hari Senin, 30 Maret 2020 tercatat ada 6 (enam) perkara yang dilakukan sidang secara teleconference.

Kedepannya, Pengadilan Negeri Bogor dan Kejaksaan Negeri Bogor akan terus melakukan sidang secara teleconference ditengah pandemi COVID-19 yang kian mewabah di seluruh dunia dan sekaligus menerapkan arahan pemerintah untuk menerapkan social distancing. Pada kali ini sidang dilakukan hanya untuk perkara Pidana. untuk perkara Perdata, telah disiapkan aplikasi e-Court Mahkamah Agung RI agar bisa melaksanakan e-Litigasi, sehingga para pihak tidak harus datang ke Pengadilan dan hanya perlu membuka Aplikasi e-Court. tetapi, tidak menutup kemungkinan untuk sidang perkara Perdata juga bisa dilaksanakan secara teleconference. (Bogor/admin)

 

 

 

[12 3 4 5  >>  

Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B
Jalan Pengadilan No.10
Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia 

+62 251 8323 121
+62 251 8323 190
surat@pn-bogor.go.id

©2020 Pengadilan Negeri Bogor