Berita dan Pengumuman Lembaga

Feb22

LANTIK PENGURUS BARU DYK, PROF. SYARIFUDDIN UNGKAP DYK MEMILIKI PERAN VITAL BAGI DUNIA PERADILAN

Kategori // Berita dan Pengumuman Lembaga

LANTIK PENGURUS BARU DYK, PROF. SYARIFUDDIN UNGKAP DYK MEMILIKI PERAN VITAL BAGI DUNIA PERADILAN

LANTIK PENGURUS BARU DYK, PROF. SYARIFUDDIN UNGKAP DYK MEMILIKI PERAN VITAL BAGI DUNIA PERADILAN

Jakarta-Humas: Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H., melantik dan mengambil sumpah para pengurus pusat Dharmayukti Karini (DYK) periode 2022-2025 pada Rabu, 16 Februari 2022 di kantor Mahkamah Agung, Jakarta.

Pada kegiatan yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat itu, Ketua Mahkamah Agung menyatakan bahwa sebagai organisasi wanita peradilan, seluruh anggota Dharmmayukti Karini memiliki peran vital dalam mendukung kinerja aparatur peradilan, baik dari unsur hakim, kepaniteraan maupun kesekretariatan. 

Ia menambahkan bahwa dukungan dan kontribusi Dharmmayukti Karini tidak dapat dipandang sebelah mata. Dalam budaya ketimuran, seorang wanita, -khususnya seorang istri- merupakan unsur sosial yang sangat berperan dan ikut menentukan keberhasilan kinerja seorang suami. Dalam menjalankan kewajibannya, baik dalam kedinasan maupun di luar kedinasan, aparatur peradilan memerlukan sosok istri yang mampu menjalankan perannya sebagai pendukung sekaligus pendamping suami dalam menjalankan tanggung jawabnya. 

Segenap anggota Dharmmayukti Karini, menurutnya, mengemban tanggungjawab penting dalam menciptakan iklim rumah tangga yang rukun dan harmonis. Pada gilirannya, kondisi keluarga seperti inilah yang menjadi faktor utama yang akan menghasilkan kinerja yang baik segenap aparatur peradilan.

Terkait kepengurusan yang baru saja dilantik, Ketua Mahkamah Agung yang juga menjabat sebagai pembina DYK ini mengharapkan DYK memiliki program-program unggulan yang bermanfaat, baik bagi dan anggota, maupun bagi masyarakat secara luas. 

“Saya berharap, kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial seperti pemberian dana beasiswa, pemberian bantuan sembako dan lain sebagainya, tetap harus dipertahankan dan dikembangkan, sehingga keberadaan Dharmmayukti Karini tidak hanya dirasakan oleh kalangan terbatas, tapi juga memberi manfaat dalam jangkauan yang lebih luas,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, mantan Kepala Badan Pengawasan itu menyampaikan ucapkan selamat kepada jajaran pengurus Dharmmayukti Karini Pusat yang baru saja dilantik.

“Mari bersama-sama kita jalankan roda organisasi ini dengan penuh amanah dan tanggung jawab, semoga setiap gerak langkah kita selalu mendapat bimbingan dan ridha dari Allah SWT., Tuhan Yang Maha Kuasa,” harapnya.  

https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/10029
ANGGOTA DYK DIHARAPKAN BISA BERPIKIR DAN BERTINDAK SECARA CERDAS DAN MAJU DALAM MENGHADAPI TANTANGAN


Pada kesempatan yang sama, Hakim asal Baturaja tersebut menyampaikan bahwa seorang istri merupakan manajer utama dalam keluarga, sekaligus sebagai partner, psikolog, dokter, chef, motivator bagi seorang suami.

Terlebih dalam kedudukannya sebagai seorang ibu, Guru Besar Bidang Hukum Universitas Diponegeoro itu menambahkan bahwa seorang wanita merupakan “sekolah pertama” yang akan membentuk karakter pada setiap anak. 

“Seorang ibu adalah sekolah pertama bagi anak-anaknya. Jika pendidikan pertama itu sukses, sejatinya sang ibu telah menyiapkan lahirnya generasi unggul bagi bangsanya,” katanya mengutip ucapan Hafez Ibrahim, seorang cendikiawan muslim di abad XIX.

Terkait hal tersebut, mantan Ketua Pengadilan Negeri Bandung itu menyadari besar dan mulianya tanggungjawab seorang wanita, maka, menurutnya, tidak salah jika kemudian dalam Anggaran Dasar Dharmmayukti Karini ditegaskan, bahwa tujuan dibentuknya organisasi wanita peradilan ini bukan sekedar untuk memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan Keluarga Besar Badan-Badan Peradilan, tapi juga untuk meningkatkan kualitas sumber daya anggota beserta keluarga, serta untuk meningkatkan kesejahteraan anggota beserta keluarga.

Terlebih di era pandemi ini, ia menekankan, peran dan tugas anggota Dharmmayukti Karini tentu semakin berat, baik  berupa tugas organisasi, tugas menjaga kesehatan anggota keluarga sampai dengan tugas untuk kembali mengambil alih tanggung jawab pendidikan anak-anak, yang semula diserahkan hampir seluruhnya kepada pihak sekolah, namun saat ini semua dituntut berperan lebih besar membimbing pendidikan anak di rumah. 

Karenanya, lanjut Ketua Mahkamah Agung, anggota Dharmmayukti, baik sebagai istri maupun sebagai ibu dituntut untuk berpikir dan bertindak secara cerdas dan maju dalam menghadapi tantangan kekinian tersebut.

Turut hadir pada acara ini yaitu Wakil Ketua Mahkamah Agung bidang non-Yudisial, para Ketua Kamar Mahkamah Agung, para Pejabat Eselon 1 pada Mahkamah Agung, dan undangan terbatas lainnya. (azh/PN/RS/Dr. H.Sobandi.,S.H.,M.H)

Feb22

GUNA MENCEGAH DAN MEMUTUS MATA RANTAI PENULARAN COVID-19, MAHKAMAH AGUNG LAKSANAKAN VAKSINASI BOOSTER

Kategori // Berita dan Pengumuman Lembaga

GUNA MENCEGAH DAN MEMUTUS MATA RANTAI PENULARAN COVID-19, MAHKAMAH AGUNG LAKSANAKAN VAKSINASI BOOSTER

GUNA MENCEGAH DAN MEMUTUS MATA RANTAI PENULARAN COVID-19, MAHKAMAH AGUNG LAKSANAKAN VAKSINASI BOOSTER

Jakarta – Humas: Dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai penularan Covid-19, Mahkamah Agung menyelenggarakan kegiatan vaksinasi Covid-19 Dosis lanjutan (booster). Program ini merupakan lanjutan dari vaksinasi satu dan dua. Vaksinasi Booster ini dilaksanakan selama tiga hari, dimulai dari Senin tanggal 14 Februari 2022 hingga Rabu 16 Febuari 2022 di Balairung Mahkamah Agung. 

Vaksinasi ini diberikan kepada seluruh aparatur Mahkamah Agung, baik yang berada di kantor Mahkamah Agung jl. Medan Merdeka  Utara, Jl. Ahmad Yani, Jl. Pulo Mas dan Megamendung Bogor. Selain itu aparatur dari empat lingkungan peradilan di wilayah Jakarta, juga mendapat kesempatan untuk melaksanakan vaksinasi booster.

Menurut Kepala Bagian Bina Sikap Mental Biro Umum, drg Wulansari Hartono, pelaksanaan Vaksinasi Booster yang dilakukan sekarang ini menggunakan vaksin prizer dengan jumlah vaksin yang disediakan sebanyak Dua Ribu Empat Ratus Vaksin selama 3 Hari. Dengan capaian perhari delapan ratus vaksin.

Lebih lanjut, drg. Wulan menyatakan bahwa Vaksinasi Booster ini merupakan kerja sama antara Mahkamah Agung dengan Kementerian kesehatan, terakhir "meskipun telah divaksinasi booster, protokol Kesehatan harus tetap diterapkan dengan ketat", ujarnya  (Humas)

Feb22

PELANTIKAN KETUA PENGADILAN TINGKAT BANDING, KETUA MA INGATKAN HAKEKAT SUATU JABATAN BUKAN SEMATA-MATA KEKUASAAN, MELAINKAN AMANAH DAN TANGGUNG JAWAB

Kategori // Berita dan Pengumuman Lembaga

PELANTIKAN KETUA PENGADILAN TINGKAT BANDING, KETUA MA INGATKAN HAKEKAT SUATU JABATAN BUKAN SEMATA-MATA KEKUASAAN, MELAINKAN AMANAH DAN TANGGUNG JAWAB

PELANTIKAN KETUA PENGADILAN TINGKAT BANDING, KETUA MA INGATKAN HAKEKAT SUATU JABATAN BUKAN SEMATA-MATA KEKUASAAN, MELAINKAN AMANAH DAN TANGGUNG JAWAB

Jakarta – Humas : ” Bahwa hakikat suatu jabatan sesungguhnya bukan semata-mata kekuasaan, melainkan amanah dan tanggung jawab. Semakin besar jabatan yang diemban, semakin besar pertanggungjawaban yang menanti, “ tutur Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, SH.,MH dalam pidato pelantikan Ketua Pengadilan Tingkat Banding, pada Selasa 8/2/2022, bertempat di ruang Kusumaatmadja lantai 14 gedung Mahkamah Agung.

https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/10016

Lebih lanjut Ketua MA mengatakan Sebagai insan yang beragama, kita meyakini bahwa jabatan ini akan kita pertanggungjawabkan bukan hanya di dunia, tapi juga di hadapan Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa. Hal ini sebagaimana ditegaskan oleh Rasulullah Saw.: “Jabatan itu adalah amanah, jika tidak dijalankan dengan baik, maka ia akan menjadi penyesalan, kecuali bagi mereka yang mampu memikulnya dengan benar”.  (H.R. Muslim)

https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/10017

Penyandang gelar Prof Hukum dari Universitas Diponogoro itu menambahkan Kepemimpinan tidak selalu diukur dengan kacamata wibawa dan kharismatika. Seorang pemimpin juga tidak melulu dinilai dengan kapasitas pengetahuan semata. Tapi kepemimpinan dinilai dari sejauh mana seorang pemimpin mampu menjadi figur panutan, menjadi mata air keteladanan, baik dalam tingkah laku, tutur kata, sikap maupun perbuatan. Seorang pemimpin merupakan role model dalam satuan kerja masing-masing. Kearifan budaya kita mengajarkan bahwa pemimpin ibarat beringin rindang di tengah padang, akarnya tempat bersila, pohonnya tempat besandar, dahannya tempat bergantung, tempat berteduh ketika hujan, tempat berlindung ketika panas.

https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/10019

Selain itu, Prof Syarifuddin, mengungkapkan bahwa banyaknya bekal pengetahuan dan pengalaman di bidang hukum, namun jika tidak diiringi oleh integritas yang tinggi, hal itu akan mendegradasi profil saudara sebagai hakim sekaligus menjatuhkan nilai saudara sebagai sosok pemimpin. Mengandalkan kehebatan ilmu semata tapi mengabaikan integritas, akan mengakibatkan ketimpangan, yang pada gilirannya akan menyebabkan nilai-nilai keadilan sulit untuk direalisasikan. Inilah yang diwanti-wanti oleh Samuel Johnson, seorang cendekia Inggris abad ke-18 yang mengatakan: “Integrity without knowledges is weak and useless, and knowledges without integrity is dangerous and deadful” (integritas tanpa pengetahuan adalah lemah dan tak berguna, sedangkan pengetahuan tanpa integritas adalah berbahaya dan mematikan).

https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/10020

Adapun 21 Ketua/Kepala Pengadilan Tingkat Banding di lingkungan Peradilan Umum, Peradilan Agama dan Peradilan Militer yang dilantik dan diambil sumpahnya yakni:

1.            Dr. H. Kresna Menon, S.H., M.Hum, sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta;

2.            Dr. Moh. Eka Kartika EM, S.H., M.Hum, sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Palembang;

3.            Pramodana Kumara Kusumah Atmadja, S.H., M.hum, sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Bengkulu;

4.            Dr. Drs. H. Pelmizar, M.H.I., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung;

5.            Drs. H. Ibrahim Kardi, S.H., M.Hum, sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jambi;

6.            Dr. H. A. Choiri, S.H., M.H., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jakarta;

7.            Drs. H. Endang Ali Ma’sum, S.H., M.H., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banten;

8.            Drs. H. Mohammad Yamin Awie, S.H., M.H., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang;

9.            Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya;

10.          Dr. H. Samparaja, S.H., M.H., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandung;

11.          Drs. H. Sudirman S, S.H., M.H., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya;

12.          Dr. H. Zulkarnain, S.H., M.H., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura;

13.          Dr. H. Insyafli, M.H.I., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta;

14.          Dr. Drs. H. Syahril, S.H., M.H., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu;

15.          Drs. H. Subuki, M.H., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palu;

16.          Dr. Abd. Hakim., M.H.I., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara;

17.          Drs. H. Zulkifli Yus, M.H., sebagai Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh;

18.          Dr. Drs. H. Izzuddin HM, S.H., M.H., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kendari;

19.          Dr. Drs. H. Muh. Abduh Sulaeman, S.H., M.H., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo;

20.          Brigjen TNI Farida Faisal, S.H., M.H., sebagai Kepala Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta;

21.          Kolonel Chk. Kirto, S.H., M.H., sebagai Kepala Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya;

 https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/10021

Acara pelantikan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Turut hadir yaitu Wakil Ketua MA Bidang Yudisial, Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial, Pejabat Eselon I, dan pengurus pusat Dharmayukti Karini Pusat.  (enk/pn)

Feb22

MAHKAMAH AGUNG RAIH BANYAK PRESTASI, PROF. SYARIFUDDIN MEMINTA APARATUR TIDAK CEPAT BERPUAS DIRI

Kategori // Berita dan Pengumuman Lembaga

MAHKAMAH AGUNG RAIH BANYAK PRESTASI, PROF. SYARIFUDDIN MEMINTA APARATUR TIDAK CEPAT BERPUAS DIRI

MAHKAMAH AGUNG RAIH BANYAK PRESTASI, PROF. SYARIFUDDIN MEMINTA APARATUR TIDAK CEPAT BERPUAS DIRI

Jakarta-Humas: Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H., mengapreasi ragam capaian yang diperoleh Mahkamah Agung dalam bidang kesekretariatan. Capain itu salah satunya adalah predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kesembilan kalinya.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas prestasi dan pencapaian di bidang Kesekretariatan, yaitu berhasil mempertahankan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-9 (sembilan) kali secara berturut-turut. Semoga pada Laporan Keuangan Mahkamah Agung Tahun 2021 yang sedang kita susun saat ini juga bisa Kembali meraih opini WTP untuk ke-10 (sepuluh) kalinya,” ucapnya.

Apresiasi ini disampaikan pada acara Penyerahan Laporan Hasil Pemantauan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK RI) Semester II Tahun 2021 dan Kegiatan Konsolidasi Penyusunan Laporan Keuangan Tahun 2021 pada Senin, 7 Februari 2022 di Hotel Intercontinental, Bandung. Acara yang diselenggarakan oleh Biro Keuangan Badan Urusan Administrasi ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Penyandang gelar Doktor Hukum dari Universitas Katolik Parahyangan itu menambahkan bahwa masih banyak prestasi lainnya yang telah diraih oleh Mahkamah Agung di tahun 2021, baik pada satuan kerja di tingkat pusat, maupun pada satuan kerja di tingkat daerah di seluruh Indonesia, beberapa prestasi tersebut antara lain:

Pertama, penghargaan Kinerja Pelaksanaan Anggaran yang diterima oleh satuan kerja di tingkat pusat dan satuan kerja di tingkat daerah;

Kedua, penghargaan Penyusunan dan Pelaporan Keuangan Tingkat Wilayah yang diterima oleh satuan kerja di tingkat pusat dan satuan kerja di tingkat daerah; dan

Ketiga, penghargaan-penghargaan lainnya di bidang Pengelolaan Keuangan Negara yang diterima oleh Korwil maupun satuan kerja di lingkungan Mahkamah Agung dari Kanwil Perbendaharaan, KPPN, KPKNL, KPP Pratama, maupun instansi lainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu.

Terkait prestasi dan capaian yang telah diraih tersebut, Ketua Mahkamah Agung mengimbau seluruh aparatur agar tidak cepat berpuas diri, karena masih banyak tugas dan pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan. Ia menjelaskan bahwa PR-PR itu antara lain:

  1. Perlunya perbaikan yang terus menerus pada proses penyusunan laporan keuangan, yaitu menyangkut kewajiban pembentukan Tim Penilai Pengendalian Intern atas Pelaporan Keuangan (PIPK) secara berjenjang pada setiap entitas akuntansi dan entitas pelaporan.
  2. Perlunya peningkatan kompetensi dan penyiapan kaderisasi/regenerasi SDM yang memadai di bidang pengelolaan keuangan negara dan akuntansi pelaporan.
  3. Perlunya meminimalisir terjadinya temuan secara berulang atas pengelolaan keuangan negara sebagaimana Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK, akibat masih terdapat ketidakpatuhan atas peraturan perundang-undangan dan belum berjalannya Sistem Pengendalian Internal (SPI) secara memadai, dan
  4. Perlunya memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi yang canggih agar proses pengendalian dapat dilakukan secara lebih efektif, efisien dan mudah

Mantan Ketua Pengadilan Negeri Bandung tersebut berpesan agar ke depannya semua yang telah dicapai saat ini bisa dipertahankan, bahkan ditingkatkan lagi menjadi lebih baik, dan apabila ditemukan kendala atau permasalahan di lapangan agar segera melaporkan kepada Pimpinan Mahkamah Agung untuk dilakukan pembahasan guna menentukan solusinya.

https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/10014

MOMEN BERSEJARAH

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Sekretaris Mahkamah Agung Prof. Dr. H. Hasbi Hasan, S.H., M.H., yang menjabat sebagai Ketua Panitia  menyampaikan dalam Laporan Kegiatannya bahwa kegiatan ini merupakan momen bersejarah bagi Mahkmah Agung. Bersejarah karena tahun 2021, untuk pertama kalinya Mahkamah Agung berhasil menyelesaikan 100% tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan BPK.

Dosen Hukum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta ini menyatakan bahwa kegiatan ini bersejarah karena dapat hadir bersama dengan Badan Pemeriksa Keuangan pada Penyerahan Laporan Hasil Pemantauan Tindak Lanjut Pemeriksaan BPK Semester II Tahun 2021 sekaligus membuka Pelaksanaan Kegiatan Konsolidasi Laporan Keuangan Tahun 2021.

Senada dengan Sekretaris Mahkamah Agung, Anggota III Badan Pemeriksa Keuangan RI, Prof. Dr. Achsanul Qosasi, CSFA., CFrA, menyampaikan bahwa Mahkamah Agung merupakan satu dari empat Lembaga yang telah sempurna menindaklanjuti temuan BPK RI secara 100%. Ketiga Lembaga lainnya adalah Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Sekretariat Kabinet (Setkab), dan BPK RI.

“Saya mengapresiasi MA, untuk itu saya mewajibkan diri untuk datang pada kegiatan hari ini, karena Mahkamah Agung memiliki ribuan satuan kerja di seluruh Indonesia, dan tentu tidak mudah mengkonsolidasikannya. Dari ratusan lembaga yang ada di Indonesia, MA mampu menindaklanjuti temuan hingga seratus persen, luar biasa,” ujar Prof. Qosasi.

Kegiatan akan dilaksanakan selama lima hari ke depan, dimulai dari 7 Februari 2022 hingga 11 Februari 2022. Kegiatan ini diikuti ratusan peserta yang hadir baik secara daring dan luring, dengan rincian 114 hadir secara luring dan 857 satuan kerja dari seluruh Indonesia secara daring.

Turut hadir pada acara ini yaitu Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial, Ketua Kamar Pembinaan, Ketua Kamar Pengawasan, Hakim Agung, Panitera Mahkamah Agung, Kepala Biro Keuangan, Kepala Biro Perencanaan, dan Kepala Biro Hukum dan Humas, serta undangan lainnya. (azh/RS)

Jan25

UNDANGAN PEMBINAAN TEKNIS SECARA VIRTUAL

Kategori // Berita dan Pengumuman Lembaga

UNDANGAN PEMBINAAN TEKNIS SECARA VIRTUAL

UNDANGAN PEMBINAAN TEKNIS SECARA VIRTUAL

Jakarta-Humas : Berdasarkan Undangan Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Non Yudisial, Nomor: 4/WKMA.NY/UND/1/2022 tanggal 19 Januari 2022, perihal Undangan Pembinanan Teknis Secara Virtual

Yang ditujukan kepada Yth; 1. Ketua/Kepala Pengadilan Tingkat Banding Empat Lingkungan Peradilan Seluruh Indonesia; 2. Ketua Pengadilan Pajak; 3. Ketua/Kepala Pengadilan Tingkat Pertama 4 (Empat) Lingkungan Peradilan Seluruh Indonesia, di Tempat

Untuk lebih jelas, berikut surat dan lampirannya:



Dokumen


Jan25

KETUA MAHKAMAH AGUNG DAN PANGLIMA TNI TANDA TANGANI KEPUTUSAN BERSAMA

Kategori // Berita dan Pengumuman Lembaga

KETUA MAHKAMAH AGUNG DAN PANGLIMA TNI TANDA TANGANI KEPUTUSAN BERSAMA

KETUA MAHKAMAH AGUNG DAN PANGLIMA TNI TANDA TANGANI KEPUTUSAN BERSAMA

Jakarta-Humas: Dalam rangka mengefektifkan penugasan dan pembinaan karier Prajurit TNI (Tentara Nasional Indonesia) di Mahkamah Agung, Pengadilan Militer, dan di Pengadilan Perikanan, Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H., dan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Andika Perkasa menandatangani Keputusan Bersama pada Jum’at pagi 21 Januari 2022 di ruang Kusumah Atmadja lantai 14 gedung Mahkamah Agung, Jakarta.

Keputusan Bersama ini tentang Kerjasama Penugasan dan Pembinaan Prajurit TNI di Mahkamah Agung dan di Pengadilan Militer, serta di Pengadilan Perikanan. Keputusan bersama ini merupakan penyempurnaan dari keputusan yang berlaku sebelumnya, yaitu Keputusan Bersama Nomor: KMA/065A/SKB/IX/2004 dan Nomor: SKEP/420/IX/2004.

Menurut Ketua Mahkamah Agung, Keputusan Bersama tahun 2004 tersebut dinilai saat ini sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan organisasi   Mahkamah   Agung   dan  Tentara Nasional Indonesia, sehingga perlu diganti dengan keputusan bersama yang baru, agar lebih mengefektifkan penugasan dan pembinaan karir para Prajurit TNI yang bertugas di Mahkamah Agung, di Pengadilan Militer dan di Pengadilan Perikanan.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Mahkamah Agung berharap Keputusan Bersama ini akan menyelesaikan semua persoalan yang sebelumnya ada, sehingga tidak merugikan kepentingan Mahkamah Agung maupun institusi TNI. Serta yang tidak kalah pentingnya,  agar jangan sampai para Prajurit TNI yang bertugas di Mahkamah Agung, di Pengadilan Militer ataupun di Pengadilan Perikanan menjadi terhambat karir militernya. Sebaliknya, harus lebih memudahkan bagi kenaikan pangkat dan jenjang karir para Prajurit TNI.

https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/9952

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Jenderal Panglima Andika menyampaikan bahwa TNI siap mendukung penuh kerja dari Mahkamah Agung Republik Indonesia.

“Kami selalu siap memberikan yang terbaik apabila personil-personil kami, prajurit-prajurit kami dilibatkan dalam proses dan mekanisme kerja di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia,” ujar mantan Komandan Paspampres tersebut.

“Terima kasih Pak Ketua dan ini harus menjadi milestone. Artinya kita lakukan ini dan setiap kali dibutuhkan evaluasi kapanpun, saya selalu siap,” kata Jenderal Andika sebelum menutup sambutannya.

Acara penandatanganan yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat ini turut dihadiri oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial, para Ketua Kamar Mahkamah Agung, para pejabat Eselon Satu Mahkamah Agung, para pejabat dari Lingkungan Markas Besar (Mabes) TNI, dan undangan lainnya. (azh/RS)

Jan25

KETUA MA : MODERNISASI DI TUBUH MAHKAMAH AGUNG DISUSUN DENGAN PENDEKATAN KERANGKA PENGADILAN YANG UNGGUL, TERUS MENYALA DAN MELAHIRKAN IDE-IDE BERKEMAJUAN.

Kategori // Berita dan Pengumuman Lembaga

KETUA MA : MODERNISASI DI TUBUH MAHKAMAH AGUNG DISUSUN DENGAN PENDEKATAN KERANGKA PENGADILAN YANG UNGGUL, TERUS MENYALA DAN MELAHIRKAN IDE-IDE BERKEMAJUAN.

KETUA MA : MODERNISASI DI TUBUH MAHKAMAH AGUNG DISUSUN DENGAN PENDEKATAN KERANGKA PENGADILAN YANG UNGGUL, TERUS MENYALA DAN MELAHIRKAN IDE-IDE BERKEMAJUAN.

Bogor – Humas : Dunia peradilan telah mengimplementasi teknologi informasi ke dalam tata kerja peradilan, sebagai realisasi dan perwujudan cetak biru (blue print) pembaruan peradilan 2010-2035. Setiap waktu, kita selalu berburu inovasi dan teknologi untuk dikembangkan dan diterapkan di lembaga yudikatif untuk mempermudah pelayanan bagi masyarakat.

“kehadiran aplikasi menjadi bukti bahwa semangat perubahan dan modernisasi di tubuh Mahkamah Agung, yang disusun dengan pendekatan Kerangka Pengadilan yang Unggul (The Framework of Court Excellence), terus menyala dan melahirkan ide-ide berkemajuan” tutur Ketua Mahkamah Agung dalam louncing SIBANGDIKLAT dan peresmian gedung Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, pada hari Kamis, 20/1/2022 bertempat diAuditorium Badan Litbang Diklat Kumdil bogor.

Dalam sambutannya, Ketua Mahkamah Agung mengatakan Sebagai reinkarnasi dari Sistem Informasi Kediklatan (Sisdiklat) yang pernah digagas sekitar 3 (tiga) tahun yang lalu oleh Mahkamah Agung bekerjasama dengan EU-UNDP Sustain (European Union-United Nations Development Programs, Support for Reform of the Justice Sector in Indonesia), Saya yakin SIBANGDIKLAT hadir dengan fitur-fitur yang lebih kompatibel, sehingga mampu menghadirkan kemudahan, efisiesi, peningkatan kinerja dan produktivitas di lingkungan Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan.

Diakhir sambutannya Prof. Dr.H.M Syarifuddin, SH., MH berharap, semoga inovasi ini tidak berhenti sampai di sini, tapi terus dikembangkan seiring perubahan dan kemajuan yang berjalan amat cepat dari waktu ke waktu, sehingga aplikasi ini menjadi bagian dari langkah kita mewujudkan peradilan unggul (Court Excellence) yang kita cita-citakan.

Selain melouncing aplikasi SIBANGDIKLAT, Ketua Mahkamah Agung juga meresmikan gedung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, dimana didalam gedung tersebut terdapat sarana Media Center, E-Learning dan perpustakaan.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Para Ketua kamar Mahkamah Agung, Pejabat Eselon I dan II dilingkungan Mahkamah Agung, dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat. (Humas)

 

Jan25

17 PESERTA BERKOMPETISI TERBUKA UNTUK MENGISI 3 JABATAN PIMPINAN TINGGI MADYA MAHKAMAH AGUNG.

Kategori // Berita dan Pengumuman Lembaga

17 PESERTA BERKOMPETISI TERBUKA UNTUK MENGISI 3 JABATAN PIMPINAN TINGGI MADYA MAHKAMAH AGUNG.

17 PESERTA BERKOMPETISI TERBUKA UNTUK MENGISI 3 JABATAN PIMPINAN TINGGI MADYA MAHKAMAH AGUNG.

Bogor – Humas : Sebanyak 17 peserta mengikuti Assessment Center dalam rangka kegiatan Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Mahkamah Agung yang diselengarakan oleh Pusat Penilaian Kompetensi yang berlangsung di Pusat Pengembangan ASN BKN, Ciawi Bogor (18/01). Acara ini dibuka oleh Yulina Setiawati, NN., S.H., M.M selaku Assessor Utama BKN, yang dalam hal ini mewakili Kepala Pusat Penilaian Kompetensi BKN. 

Dalam sambutannya, Yulina menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan amanat dari Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 26 tahun 2019 Tentang Pembinaan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Pegawai Negeri Sipil yang menyatakan bahwa Penilaian kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya menjadi kewenangan Instansi Pembina (BKN).

Ditempat yang sama, Kepala Biro Kepegawaian Mahkamah Agung, Supatmi, SH., MM.  yang menyampaikan dalam kegiatan seleksi terbuka ini untuk mencari kandidat mengisi 3 jabatan yang di lelang secara terbuka yaitu :

1)         Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum

2)         Kepala Badan Pengawasan

3)         Kepala Badan Litbang DIklat Hukum dan Peradilan

Ditambahkannya, Mahkamah Agung juga menyerahkan seluruh peserta ini kepada Pusat Penilaian Kompetensi Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan menyampaikan kepada peserta untuk memberikan performa yang terbaik.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 18-20 Januari 2022 di Pusat Pengembangan ASN BKN, dihadiri oleh Kepala Pusat Pengembangan ASN BKN, Bajoe Loedi Hargono, M.M., M.T,, M.Sc. yang menyambut kedatangan peserta di Pusbang ASN BKN, yang merupakan fasilitas BKN untuk melaksanakan pengembangan dan penilaian kompetensi bagi ASN, dengan tetap menerapkan standar protokol Kesehatan. (Humas/moe2)

Feb22

USULAN PENGHARGAAN SATYA KARYA SEWINDU / DWIWINDU SERTA PENGHARGAAN SATYALANCANA KARYA SATYA X, XX DAN XXX TAHUN UNTUK PERIODE 2022

Kategori // Berita dan Pengumuman Lembaga

USULAN PENGHARGAAN SATYA KARYA SEWINDU / DWIWINDU SERTA PENGHARGAAN SATYALANCANA KARYA SATYA X, XX DAN XXX TAHUN UNTUK PERIODE 2022

USULAN PENGHARGAAN SATYA KARYA SEWINDU / DWIWINDU SERTA PENGHARGAAN SATYALANCANA KARYA SATYA X, XX DAN XXX TAHUN UNTUK PERIODE 2022

Jakarta-Humas : Berdasarkan surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor: 608/SEK/KP.05.8/02/2022 tanggal 17 Februari  2022, perihal, Usulan Penghargaan Satya Karya Sewindu / Dwiwindu serta Penghargaan Satyalancana Karya Satya X, XX dan XXX Tahun untuk Periode 2022.

Yang ditujukan kepada Yth: 1. Para Sekretaris pada Eselon I di lingkungan Mahkamah Agung RI; 2. Para Kepala Biro di lingkungan  Badan Urusan Admnistrasi Mahkamah Agung RI; 3. Para Ketua/Kepala Pengadilan Tingkat Banding pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan; 4. Para Ketua/Kepala Pengadilan Tingkat Pertama pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan, di Tempat.

Untuk lebih jelas, berikut surat dan lampirannya:



Dokumen

 

Feb22

JADWAL PELAKSANAAN PROFILE ASSESSMENT, TES KEMAMPUAN PENGGUNANAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN TES TERTULIS KOMPETENSI HUKUM PENGISIAN JABATAN HAKIM TINGGI PEMILAH PERKARA PADA MAHKAMAH AGUNG RI TAHUN 2021

Kategori // Berita dan Pengumuman Lembaga

JADWAL PELAKSANAAN PROFILE ASSESSMENT, TES KEMAMPUAN PENGGUNANAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN TES TERTULIS KOMPETENSI HUKUM PENGISIAN JABATAN HAKIM TINGGI PEMILAH PERKARA PADA MAHKAMAH AGUNG RI TAHUN 2021

JADWAL PELAKSANAAN PROFILE ASSESSMENT, TES KEMAMPUAN PENGGUNANAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN TES TERTULIS KOMPETENSI HUKUM PENGISIAN JABATAN HAKIM TINGGI PEMILAH PERKARA PADA MAHKAMAH AGUNG RI TAHUN 2021

Jakarta-Humas : Berdasarkan Pengumuman Ketua Kamar Pembinaan Mahkamah Agung RI selaku Ketua Panitia Seleksi Nomor: 21/TuakaBin/II/2022 tanggal 21 Februari 2022, tentang Jadwal Pelaksanaan Profile Assessment, Tes Kemampuan Penggunanaan Teknologi Informasi dan Tes Tertulis Kompetensi Hukum Pengisian Jabatan Hakim Tinggi Pemilah Perkara Pada Mahkamah Agung RI Tahun 2021

Untuk lebih jelas, berikut pengumumannya:



Dokumen

 

Feb22

PERSIAPAN OPERASIONAL TIGA BELAS PENGADILAN TINGKAT BANDING BARU

Kategori // Berita dan Pengumuman Lembaga

PERSIAPAN OPERASIONAL TIGA BELAS PENGADILAN TINGKAT BANDING BARU

PERSIAPAN OPERASIONAL TIGA BELAS PENGADILAN TINGKAT BANDING BARU

Jakarta-Humas: Dalam rangka persiapan operasional tiga belas Pengadilan Tingkat Banding baru berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 tahun 2021, Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2021, dan Undang-Undang Nomor 10 tahun 2021. Sekretaris Mahkamah Agung meminta para pimpinan satuan kerja (terlampir) untuk melakukan pendataan terhadap kesiapan operasional Pengadilan Tingkat Banding berupa sarana dan prasarana serta kebutuhan SDM kepaniteraan dan kesekretariatan secara rinci.

Infomasi lebih lengkap, silakan klik tautan di bawah ini. (humas)



Dokumen


Feb22

BIAYA MUTASI PEJABAT STRUKTURAL KESEKRETARIATAN PADA MAHKAMAH AGUNG RI TAHUN 2022

Kategori // Berita dan Pengumuman Lembaga

BIAYA MUTASI PEJABAT STRUKTURAL KESEKRETARIATAN PADA MAHKAMAH AGUNG RI TAHUN 2022

BIAYA MUTASI PEJABAT STRUKTURAL KESEKRETARIATAN PADA MAHKAMAH AGUNG RI TAHUN 2022

Jakarta-Humas: Berdasarkan surat Sekretaris Mahkamah Agung RI, Nomor: 607/SEK/KU.01/2/2022 tanggal 18 Februari 2022, perihal Biaya Mutasi Pejabat Struktural Kesekretariatan pada Mahkamah Agung RI Tahun 2022.

Yang ditujukan kepada Yth; 1. Sekretaris Pengadilan Tingkat Banding; 2. Sekretaris Pengadilan Tingkat Pertama di Tempat.

Dalam rangka percepatan pembayaran biaya perjalanan dinas mutasi pejabat struktural kesekretariatan di lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada di Bawahnya, dengan ini diminta kepada para Sekretaris Pengadilan Tingkat Banding dan Sekretaris Pengadilan Tingkat Pertama agar berperan aktif dalam pengurusan pencairan biaya perjalanan dinas mutasi pejabat struktural yang berada di wilayahnya, dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

Untuk lebih jelas, berikut surat dan lampirannya:



Dokumen


Jan25

KETUA MAHKAMAH AGUNG DAN PANGLIMA TNI TANDA TANGANI KEPUTUSAN BERSAMA KETUA MAHKAMAH AGUNG DAN PANGLIMA TNI TANDA TANGANI KEPUTUSAN BERSAMA

Kategori // Berita dan Pengumuman Lembaga

KETUA MAHKAMAH AGUNG DAN PANGLIMA TNI TANDA TANGANI KEPUTUSAN BERSAMA

KETUA MAHKAMAH AGUNG DAN PANGLIMA TNI TANDA TANGANI KEPUTUSAN BERSAMA

Jakarta-Humas: Dalam rangka mengefektifkan penugasan dan pembinaan karier Prajurit TNI (Tentara Nasional Indonesia) di Mahkamah Agung, Pengadilan Militer, dan di Pengadilan Perikanan, Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H., dan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Andika Perkasa menandatangani Keputusan Bersama pada Jum’at pagi 21 Januari 2022 di ruang Kusumah Atmadja lantai 14 gedung Mahkamah Agung, Jakarta.

Keputusan Bersama ini tentang Kerjasama Penugasan dan Pembinaan Prajurit TNI di Mahkamah Agung dan di Pengadilan Militer, serta di Pengadilan Perikanan. Keputusan bersama ini merupakan penyempurnaan dari keputusan yang berlaku sebelumnya, yaitu Keputusan Bersama Nomor: KMA/065A/SKB/IX/2004 dan Nomor: SKEP/420/IX/2004.

Menurut Ketua Mahkamah Agung, Keputusan Bersama tahun 2004 tersebut dinilai saat ini sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan organisasi   Mahkamah   Agung   dan  Tentara Nasional Indonesia, sehingga perlu diganti dengan keputusan bersama yang baru, agar lebih mengefektifkan penugasan dan pembinaan karir para Prajurit TNI yang bertugas di Mahkamah Agung, di Pengadilan Militer dan di Pengadilan Perikanan.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Mahkamah Agung berharap Keputusan Bersama ini akan menyelesaikan semua persoalan yang sebelumnya ada, sehingga tidak merugikan kepentingan Mahkamah Agung maupun institusi TNI. Serta yang tidak kalah pentingnya,  agar jangan sampai para Prajurit TNI yang bertugas di Mahkamah Agung, di Pengadilan Militer ataupun di Pengadilan Perikanan menjadi terhambat karir militernya. Sebaliknya, harus lebih memudahkan bagi kenaikan pangkat dan jenjang karir para Prajurit TNI.

https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/9952

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Jenderal Panglima Andika menyampaikan bahwa TNI siap mendukung penuh kerja dari Mahkamah Agung Republik Indonesia.

“Kami selalu siap memberikan yang terbaik apabila personil-personil kami, prajurit-prajurit kami dilibatkan dalam proses dan mekanisme kerja di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia,” ujar mantan Komandan Paspampres tersebut.

“Terima kasih Pak Ketua dan ini harus menjadi milestone. Artinya kita lakukan ini dan setiap kali dibutuhkan evaluasi kapanpun, saya selalu siap,” kata Jenderal Andika sebelum menutup sambutannya.

Acara penandatanganan yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat ini turut dihadiri oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial, para Ketua Kamar Mahkamah Agung, para pejabat Eselon Satu Mahkamah Agung, para pejabat dari Lingkungan Markas Besar (Mabes) TNI, dan undangan lainnya. (azh/RS)

Jan25

UNDANGAN PEMBINAAN TEKNIS SECARA VIRTUAL

Kategori // Berita dan Pengumuman Lembaga

UNDANGAN PEMBINAAN TEKNIS SECARA VIRTUAL

UNDANGAN PEMBINAAN TEKNIS SECARA VIRTUAL

Jakarta-Humas : Berdasarkan Undangan Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Non Yudisial, Nomor: 3/WKMA.NY/UND/1/2022 tanggal 19 Januari 2022, perihal Undangan Pembinanan Teknis Secara Virtual

Yang ditujukan kepada YM dan Yth; (Daftar Terlampir), di Tempat

Untuk lebih jelas, berikut surat dan lampirannya:



Dokumen

 

Jan25

PETUNJUK PELAKSANAAN PEMBAYARAN TUNJANGAN KINERJA

Kategori // Berita dan Pengumuman Lembaga

PETUNJUK PELAKSANAAN PEMBAYARAN TUNJANGAN KINERJA

PETUNJUK PELAKSANAAN PEMBAYARAN TUNJANGAN KINERJA

Jakarta-Humas : Berdasarkan surat Sekretaris Mahkamah Agung RI, Nomor; 109/SEK/KU.01/1/2022 tanggal 17 Januari 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembayaran Tunjangan Kinerja

Yang ditujukan kepada Yth; 1. Panitera Mahkamah Agung RI; 2. Para Direktur Jenderal Badan Peradilan Mahkamah Agung RI; 3. Para Kepala Badan di Lingkunagan Mahkamah Agung RI; 4. Ketua/Kepala Pengadilan Tingkat Banding; 5. Ketua/Kepala Pengadilan Tingkat Pertama pada Empat Lingkungan Peradilan Seluruh Indonesia.

Untuk lebih jelas, berikut surat dan lampirannya:



Dokumen

 

[12 3 4 5  >>  

Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B
Jalan Pengadilan No.10
Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia 

+62 251 8323 121
+62 251 8323 190
surat@pn-bogor.go.id

©2021 Pengadilan Negeri Bogor


Warning: session_write_close(): write failed: Disk quota exceeded (122) in /home/pnbogorgo/public_html/libraries/joomla/session/handler/native.php on line 194

Warning: session_write_close(): Failed to write session data (files). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/cpanel/php/sessions/ea-php73) in /home/pnbogorgo/public_html/libraries/joomla/session/handler/native.php on line 194